9 Tips Menata Teras Rumah Minimalis dengan Maksimal


Teras rumah adalah area atau ruang peralihan dari ruang luar menuju ruang dalam rumah atau sebaliknya. Umumnya teras dinaungi atap, dengan satu atau dua dinding. Letak teras rumah bisa di depan, di samping atau di belakang bangunan rumah.

Tips Menata Teras Rumah

Tips Menata Teras Rumah Minimalis

Menata teras rumah minimalis bukanlah pekerjaan yang mudah. Mulai dari hal yang sepele hingga yang substansial, semua harus anda perhatikan agar kenyamanan di rumah bisa terwujud dengan sempurna. Simak 9 tips menata teras rumah minimalis dengan maksimal berikut ini.

1. Memberi Tanaman hias

Menempatkan tanaman hias di teras rumah bisa memberikan nuansa asri dan segar pada rumah. Selain itu, tanaman hijau juga dapat berperan sebagai dekorasi yang dapat mempercantik rumah. Namun, anda perlu memperhatikan tata letak tanaman yang digunakan.

Jangan menempatkan tanaman yang besar dan banyak yang menyebabkan rumah terkesan tertutup. Kesan minimalis akan didapat jika penggunaan tanaman hias ditata sesuai porsi dan masih menyisakan ruang kosong sebagai penegasan konsep minimalis.

Baca Juga:  Warna Cat Eksterior Untuk Rumah

2. Posisi Tanaman Hias

Menata teras rumah minimalis tidak akan lengkap tanpa tanaman hias. Tanaman hias wajib ditempatkan di area teras. Pajang tanaman hias secukupnya dan dalam urutan yang rapi.

3. Dekorasi Kecil

Ukuran teras rumah juga perlu diperhatikan. Jika terasnya kecil, pastikan tidak terlalu banyak dekorasi. Teras memang memberikan warna tersendiri pada rumah minimalis. Namun jika salah memilih, teras malah menjadi kurang enak dipandang.

Kenyamanan sebuah teras tidak ditentukan oleh banyaknya dekorasi yang ada. Jika anda mendekorasinya secara berlebihan, teras yang biasanya berukuran tidak besar justru akan terasa sempit. Untuk itu, sebaiknya pilihlah dekorasi dengan ukuran kecil agar anda memiliki lebih banyak ruang bersantai.

4. Teras Halaman Belakang

Tidak hanya teras depan, anda juga perlu mempertimbangkan untuk menata teras di halaman belakang. Jika anda memiliki ruangan kosong di belakang rumah, manfaatkan untuk teras yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Jadikan halaman belakang anda terasa alami dengan berbagai dekorasi tanaman hias dan furnitur yang cukup untuk teras.

Baca Juga:  Pengaruh Warna Terhadap Suasana Ruangan

5. Pemilihan Furnitur

Pemilihan furniture dalam menata teras rumah minimalis harus didasarkan pada fungsi dan ukuran. Anda juga perlu mempertimbangkan bahan furniture yang digunakan. Gunakan furniture yang terbuat dari kayu, bambu atau rotan karena kuat dan tahan air sehingga bisa bertahan lama.

Anda harus memilih furnitur khusus agar tidak cepat rusak dan mudah perawatannya. Selain itu, pilihlah furnitur dengan banyak fungsi, seperti meja dengan laci penyimpanan atau anda bisa memilih furnitur yang bisa dilipat saat tidak digunakan.

6. Menjaga Kebersihan

Keberadaan teras tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan halaman di depannya. Untuk itu, pastikan halaman depan rumah juga terawat dengan baik. Jangan sampai waktu senggang anda terganggu karena tidak nyaman dengan rumput liar yang merusak tampilan halaman depan.

7. Perhatikan Pencahayaan

Keindahan teras juga perlu dinikmati pada malam hari. Gunakan pencahayaan putih untuk menonjolkan kehijauan tanaman hias dan pencahayaan cokelat untuk menonjolkan tekstur ranting dan batang pohon.

8. Memasang Ornamen Unik

Memasukkan berbagai ornamen unik seperti pernak-pernik tradisional Jawa akan membuat teras terlihat unik. Tak hanya menampilkan kesan autentik, ini mampu menghadirkan suasana nyaman saat berkumpul. Selain itu, anda juga bisa memadukannya dengan berbagai gaya rustic atau Skandinavia.

Baca Juga:  Persiapan Rumah Untuk Hadapi Musim Hujan

9. Buat Kolam Ikan Kecil

Tips menata teras rumah minimalis yang terakhir adalah memanfaatkan teras sebagai area bersantai untuk melepas penat dengan membuat kolam ikan kecil. Selain memberikan efek ketenangan, kolam ikan juga bisa menjadi tempat untuk menyalurkan hobi anda.

 

Tips Menata Teras Rumah Minimalis

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *