Ciri-ciri Plafon PVC Berkualitas Bagus untuk Rumah Ideal

Plafon PVC

Sebagai salah satu bagian penting dalam konstruksi rumah, plafon perlu Anda perhatikan dari segi kualitas hingga desainnya. Menyoal jenis, plafon PVC merupakan salah satu produk yang difavoritkan masyarakat Indonesia karena mudah didapatkan dan harganya terjangkau.


Plafon PVC Berkualitas Bagus

PVC sendiri merupakan singkatan dari polyvinyl chloride, material bangunan yang biasanya dipakai dalam pembuatan pipa air. Untuk penggunaan langit-langit rumah, Anda juga sebaiknya mencermati ciri-ciri berikut untuk mendapatkan PVC dengan kualitas bagus.

1. Mampu Menahan Rembesan Air

Salah satu alasan utama yang membuat plafon berbahan PVC diminati adalah kemampuannya menahan rembesan air. Apalagi Indonesia termasuk negara tropis dengan curah hujan yang tinggi, sehingga proteksi kuat harus diberikan agar hunian nyaman ditempati.

Kemudian, plafon dari produsen terpercaya juga umumnya dapat mempertahankan penampilan interior. Hasilnya, tampilan dalam rumah tetap sedap dipandang mata.

2. Tidak Mudah digerogoti Rayap

Rayap barangkali mempunyai ukuran kecil, tetapi dampaknya terhadap struktur rumah bisa sangat membahayakan. Serangan rayap dapat meruntuhkan struktur kayu dan mengurangi kekokohan bangunan.

Namun, plafon dengan material lebih kuat seperti PVC dapat menekan risiko seperti ini, sebab rayap akan kesulitan menggerogotinya. Di sisi lain, Anda juga harus merawat plafon secara berkala supaya plafon dapat tahan lama.

3. Punya Desain Stylish sekaligus Inovatif

Membahas desain, sebagian besar orang tentunya akan memprioritaskan plafon PVC yang visualnya cantik dan mengesankan. Akan tetapi, hal tersebut belum cukup. Inovasi yang diaplikasikan pada plafon juga mempengaruhi pemasangan hingga kenyamanan Anda nantinya.

Dalam hal ini, pilihlah plafon yang mudah dibentuk, misalnya menjadi lengkungan, gelombang, drop, atau ceiling. Selain mudah disesuaikan dengan konsep rumah, biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit.

4. Material Tak Gampang Terbakar

Selain harus tahan api, plafon yang diproduksi dengan material terbaik juga tak mudah terbakar. Dalam hal ini, PVC dianggap sebagai bahan yang tak mudah merambatkan api saat terjadi kebakaran.

Meski begitu, Anda perlu mengecek plafon yang hendak dibeli. Sebaiknya beli plafon yang sudah mendapatkan label Flame Retardant, karena berarti produsennya sudah memastikan produk tersebut tak gampang terbakar.

5. Perawatan yang Mudah

Ciri terakhir dari plafon yang baik adalah materialnya yang mudah dirawat. Artinya saat dibersihkan, Anda tak akan kesulitan mengangkat kotoran yang menempel. Selain itu, perlengkapan yang dipakai juga tak malah dan dapat diperoleh di rumah.

Kendati demikian, Anda harus rajin memberikan perawatan untuk memastikan plafon tahan lama dan mencegah pengeluaran besar, sebab Anda tak akan menghadapi kerusakan yang parah.

Semoga informasi ini memudahkan Anda menemukan plafon PVC, termasuk pemasangan dan perawatan yang nantinya diaplikasikan. Jadi, Anda dan penghuni lain nyaman beraktivitas, sebab tak ada masalah besar mengintai.

 

Ciri-ciri Plafon PVC Berkualitas Bagus untuk Rumah Ideal

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.