Pengertian Rumah Minimalis


Saat ini istilah minimalis sudah menjadi tren dalam dunia arsitektur. Sering kali kita mendengar kata minimalis dipakai untuk menyebut gaya, desain, konsep yang berhubungan dengan bangunan seperti, rumah minimalis, kantor minimalis, dapur minimalis dan lain sebagainya. Apakah arti minimalis dalam dunia arsitektur sebenarnya?

Pengertian minimalis (minimalism) awalnya digunakan untuk gaya kehidupan. Minimalis adalah usaha untuk membebaskan diri dari kehidupan berlebihan dengan berfokus kepada apa yang dianggap paling penting sehingga dapat menemukan pemenuhan kebutuhan hidup, kebahagiaan dan kebebasan. Dalam perkembangannya, konsep minimalis diaplikasikan juga pada karya seni, sastra, arsitektur, fotografi dan lain sebagainya.

Pengertian Rumah Minimalis

 

Pengertian Rumah Minimalis

Dalam dunia arsitektur, pengertian minimalis adalah metode merancang yang estetika dan fungsionalitasnya terpenuhi dengan elemen yang paling mendasar dan esensial. lntensitasnya adalah untuk mengakomodasi kehidupan dengan sederhana, tetapi tetap mengedepankan nilai estetikanya. Minimalis menunjukkan kelurusan, kesederhanaan tekstur, dan penerapan struktur yang logis atau tidak mengada-ada.

Dengan demikian pengertian rumah minimalis adalah rumah yang dibangun dengan konsep struktur yang logis sesuai fungsional yang paling mendasar dan esensial tanpa harus meninggalkan nilai estetikanya.

Pada dasarnya, konsep rumah minimalis sangat peduli pada keutuhan lingkungan yang penggunaan material tidak terlalu berlebihan atau boros. Material yang digunakan berasal dari lokal dan alami, artinya berasal dari lingkungan yang ada di sekitar bangunan tersebut dibangun.

Sebenarnya di Indonesia pun konsep minimalis sudah diaplikasikan sejak dahulu kala. Rumah-rumah tradisional menggunakan kayu karena material itulah yang mudah didapat di sekitar mereka. Mendatangkan material dari luar pulau, apalagi dari luar negeri, bukanlah “sikap” minimaiis.

Rumah minimalis pada awalnya adalah sebuah rumah sederhana yang dibangun dengan menggunakan bahan seadanya, tidak terlalu mahal namun menghasilkan bentuk bangunan yang indah dan layak ditempati.

Dalam perkembangannya, rumah minimalis modern memiliki pengertian lain yaitu rumah yang di desain unik, rapi, bersih tanpa banyak ornamen, terkesan mungil, sangat presisi, menggunakan warna yang berani agar lebih tampak menarik.

Sehingga untuk membuat sebuah rumah minimalis modern terkadang tidak lagi memikirkan biaya yang mahal seperti dibangun di area luas dengan bahan material mahal untuk menciptakan sebuah estetika tanpa meninggalkan fungsionalitasnya.

Konsep Minimalis Rumah Jepang

Konsep bangunan rumah minimalis di Jepang sedikit berbeda, lebih menganut kepada gaya hidup Zen yaitu gaya hidup sederhana yang mengutamakan keharmonisan antara tubuh dengan pikiran. Anggapan ini penting untuk menjalani hidup yang terbaik, berharga dan penuh syukur setiap hari.

Oleh karena itu banyak ruangan di dalam rumah Jepang yang bebas dalam arti ruangan tidak dipenuhi oleh berbagai macam furniture sehingga ruangan bisa digunakan untuk keperluan lain. Semakin sedikit furniture atau benda yang ada, maka semakin tenanglah kehidupan.

Terserah anda bagaimana mengartikan rumah minimalis. Apakah menggunakan konsep minimalis yang sebenarnya ataukah konsep minimalis modern. Atau ingin mencoba kehidupan gaya minimalis Zen?

Arti Rumah Minimalis – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *