Tipe Rumah di Perumahan


Pengembang perumahan umumnya memasarkan rumah berdasarkan jenis atau tipe rumah agar konsumen dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Nama tipe rumah dapat berupa nama-nama tertentu seperti melati, merkurius, taman gapura dan sebagainya atau hanya berdasarkan luas tanah dan luas rumah saja seperti rumah tipe 21, type 36/72 dan lain-lainnya.

Tipe Rumah di Perumahan

Namun pada dasarnya pengembang menggunakan pedoman ukuran luas tanah dan bangunan yang ada untuk unit rumah yang dibangun. Berikut adalah contoh jenis tipe rumah yang ada di perumahan dengan penjelasannya.

Rumah Tipe 21

Rumah tipe 21 berarti rumah tersebut memiliki luas bangunan 21 m² misalnya dengan ukuran panjang 6m x lebar 3,5m. Jika luas tanah yang ada di rumah type 21 tersebut 6m x 10m = 60 m² maka biasanya ditulis lebih lengkap menjadi rumah tipe 21/60. Tipe rumah 21 merupakan tipe paling rendah dan umumnya hanya memiliki 1 kamar tidur, 1 ruang tamu dan 1 kamar mandi. Sisa tanah yang ada dapat digunakan untuk membuat dapur atau lainnya.

Tipe Rumah Type 36

Rumah tipe 36 berarti rumah tersebut memiliki luas bangunan 36 m², dengan ukuran bangunan panjang 6 m x lebar 6 m = 36 m². Luas tanah pada rumah type 36 umumnya memiliki luas 60 m² atau 72 m², dengan demikian disebut juga dengan rumah tipe 36/60 atau tipe rumah 36/72. Tipe rumah ini memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang tamu dan ruang keluarga serta 1 kamar mandi.

Tipe Rumah Type 45

Rumah Type 45 berarti rumah tersebut memiliki luas bangunan 45 m², misalnya dengan ukuran bangunan rumah panjang 6 m x lebar 7,5 m atau 8m x 5.6m = 45m². Tipe rumah 45 umumnya memiliki kapling tanah seluas 96 m², sehingga disebut juga rumah tipe 45/96. Tipe rumah 45 cukup ideal sebagai tempat tinggal karena umumnya memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, ruang keluarga, dapur, 1 kamar mandi, garasi atau teras rumah yang cukup luas.

Tentu saja masih banyak tipe rumah lainnya yang dipasarkan oleh pengembang seperti tipe 54, tipe 60, tipe 70, tipe 90 dan tipe 120 dan lain-lainnya sesuai ukuran bangunan rumah dan luas tanah yang ada.

Dengan mengetahui jenis atau tipe rumah, bagi calon pembeli rumah akan tahu berapa luas rumah dan tanah yang akan didapat sesuai dengan tipe yang ada. Dengan demikian bisa menjadi gambaran kebutuhan rumah yang nantinya akan ditempati sesuai dengan kondisi keuangan dan jumlah orang yang akan tinggal. Demikian beberapa jenis tipe rumah dan penjelasannya, semoga bermanfaat.

 

Tipe Rumah di Perumahan – Lentera Rumah

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *