Memilih Warna Cat Untuk Ruangan Kantor


Memilih warna cat untuk ruangan kantor harus tepat karena bisa mempengaruhi konsentrasi karyawan. Bayangkan jika Anda masuk ke sebuah ruangan kantor dengan warna cat putih polos tanpa ada variasi warna apapun. Barang kali Anda merasa seperti berada di sebuah rumah sakit.

Sebuah studi penelitian mengungkapkan bahwa dalam warna putih pada sebuah ruangan di rumah sakit sangat berkaitan dengan penampilan yang menyeramkan dan menakutkan. Memang tampak luas, namun terkesan hampa. Oleh karena itu, banyak rumah sakit modern yang menghindari warna putih polos dalam setiap ruangannya.

Demikian juga dengan warna cat kantor di tembok atau partisi kantor, bila menerapkan warna yang kurang tepat akan merusak konsentrasi karyawan yang berada di ruangan tersebut. Sering kali karyawan tidak dapat berkonsentrasi dengan baik atau tidak fokus terhadap pekerjaan yang dihadapinya. Semangat bekerja seakan terus menurun jika berada dalam ruangan tersebut. Padahal  kantor seharusnya dapat menciptakan suasana kerja yang menggairahkan.

Memilih Warna Cat Untuk Ruangan Kantor

Warna Cat Kantor Bisa Mempengaruhi Konsentrasi Karyawan

 

Menggunakan warna cat yang berani seperti hijau, biru atau merah dapat meningkatkan energi yang dapat membuat karyawan lebih semangat lain dalam bekerja. Hal itu benar, namun salah seorang psikolog lingkungan mengatakan bahwa karyawan tidak dapat berkonsentrasi dengan baik dikarenakan paparan warna berani tersebut dapat mengalihkan konsentrasi yang tentu saja akan merusak fokus pekerjaan karyawan.

Lantas bagaimana sebaiknya memilih warna cat kantor agar tidak merusak konsentrasi kerja sekaligus menambah semangat bagi karyawan yang ada?

Menurut Melanie Conant, Director of Interior Design at The Architectural Team, hal ini sangat bergantung pada kondisi demografi dimana orang cenderung merasa nyaman di ruangan yang lebih menenangkan. Karyawan telah memiliki gaya hidup sibuk sehingga memerlukan energi tinggi. Untuk itu dibutuhkan ruangan dengan suasana netral.

Jackie Jorda,  Director of Color Marketing for Sherwin-Williams sepakat dengan pernyataan Melanie Conant, bahwa warna netral selain menimbulkan kesan nyaman pada ruangan kantor, terdapat keuntungan lain yaitu mata tidak mudah lelah. Dengan demikian akan menjaga fungsi penglihatan tetap optimal dan akan fokus terhadap apa yang dikerjakan.

Warna memiliki peran penting dalam menciptakan perasaan seseorang karena memiliki sebuah karakter tersendiri.  Untuk itu, harus bijak dalam menentukan pilihan warna cat interior sebuah kantor agar lebih baik untuk konsentrasi dan mencegah mata merasa kelelahan.

Warna netral dan lembut seperti warna putih keabu-abuan, krem cocok untuk diterapkan pada ruangan kantor dan menjadi trend saat ini. Warna cat kantor yang sesuai dapat menunjang produktifitas dan daya konsentrasi karyawan saat bekerja.

 

Memilih Warna Cat Untuk Ruangan Kantor – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *