Perlu Diwaspadai! Ciri Lowongan Kerja Bank yang Palsu


Bukan hal baru lagi, kalau saat ini lowongan kerja bank kian diminati. Antusias calon pelamar terlihat cukup tinggi dengan banyaknya peserta seleksi di setiap gelombang. Situasi seperti ini, ternyata dijadikan kesempatan bagi oknum tidak bertanggung jawab untuk mendapat keuntungan pribadi.

Lowongan Kerja Bank

Banyak penipuan yang terjadi mengatasnamakan lowongan kerja di bank. Salah satunya adalah BCA yang semakin tinggi peminatnya. Para calon pelamar tersebut seringkali menjadi sasaran empuk para penipu. Ketahuilah, bahwa jenis penipuan tersebut kini makin beragam bentuknya.

Ciri Lowongan Kerja Bank Palsu

BCA tidak pernah membuka lowongan kerja bank dengan persyaratan yang tidak masuk akal dan terkesan abal-abal seperti berikut ini.

1. Persyaratan Terlalu Mudah

Lowongan kerja di bank yang asli, pastilah memberikan detail persyaratan dengan jelas dan masuk akal. Lain halnya dengan lowongan palsu, di mana persyaratan yang diajukan cenderung terlalu mudah.

Selain itu, syaratnya pun begitu umum dan terkesan siapapun bisa masuk. Tentu saja, alasannya adalah supaya banyak orang tertarik dan tergiur dengan iming-iming lowongan tersebut.

Baca Juga:  Tips Dari Dedi Yudianto Cara Rawat Smartphone Lebih Mudah

2. Website Lowongan Tidak Resmi

Lowongan penipuan memang sering kali menawarkan pekerjaan dengan informasi yang bisa dibilang tidak nyambung. Hal ini sangatlah penting, supaya kamu tidak masuk ke dalam jebakan penipu.

Misalnya saja informasi di mana kamu mengetahui lowongan kerja di bank tersebut. Pastikan kamu melihatnya di halaman website resmi BCA. Hindari mengirim lamaran melalui laman website dengan nama yang cukup aneh seperti nama pribadi.

3. Adanya Pungutan Biaya

Ingatlah bahwa BCA tidak pernah meminta pungutan biaya selama tahap seleksi bagi karyawan baru. Bila kamu menjumpai lowongan kerja bank Indonesia yang mengharuskan adanya pembayaran, sudah jelas ini tidak bisa dipercaya. Contohnya saja reimburse biaya penginapan, tiket transportasi atau jaminan pendaftaran.

4. Lokasi Interview Mencurigakan

Apabila kamu menjumpai lowongan kerja bank dengan lokasi yang cukup jauh dari alamat perusahaan, sebaiknya urungkan niatmu mengikuti seleksi. Misalnya lowongan di bank BCA pusat maupun cabang, namun mengharuskan pelamar mengikuti seleksi di tempat tidak profesional.

Baca Juga:  5 Cara Terbaik Belajar Bahasa Jerman Sehari-hari Online

5. Ketidakjelasan Posisi

Lowongan penipuan seringkali menawarkan lowongan kerja bank Indonesia tanpa adanya penjelasan terkait posisi yang dibutuhkan. Kamu harus sangat berhati-hati ketika mendapati ketidakjelasan terkait lowongan bank BCA

Lebih baik kamu mencari informasi aslinya melalui situs resmi perusahaan perbankan BCA. Ingatlah bahwa sekelas BCA pasti memberikan informasi lowongan kerja bank yang jelas terkait profesi yang dibuka.

6. Penawaran Gaji

Berhati-hatilah bila kamu mendapati sebuah lowongan yang menawarkan jumlah gaji tidak masuk akal. Apalagi bila jumlahnya tidak sesuai dan jauh melebihi posisi yang ditawarkan. Bisa jadi ini hanyalah iming-iming penipu yang berkedok lowongan kerja bank.

Sebagai calon pelamar yang cerdas, kamu sudah selayaknya mengetahui ciri dari lowongan kerja bank palsu. Jangan sampai kamu terjebak pada oknum penipu atau penyalahgunaan data diri saat pengiriman berkas. Berhati-hatilah! BCA senantiasa memberikan informasi lengkap seputar lowongan yang dibuka.

 

Waspadai Ciri Lowongan Kerja Bank Palsu!

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *