Arsitektur Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)


Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) adalah rumah sederhana yang dibangun dengan menggunakan suatu teknologi konstruksi sistem modul yang terbentuk dari rakitan komponen-komponennya (pra cetak). RISHA dipatenkan oleh Puslitbang Permukiman Departemen Pekerjaan Umum yang memiliki konsep seperti halnya permainan LEGO yaitu menggunakan sistem bongkar-pasang atau knockdown dari komponen-komponen modular yang dibuat secara fabrikasi.

Pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) sesuai dengan kebutuhan perumahan yang terus meningkat sangat pesat, khususnya di perkotaan. Selain itu RISHA sangat cocok diterapkan sebagai bantuan kepada korban bencana alam yang kehilangan rumah tempat tinggalnya karena cepat dibangun dengan biaya rendah namun layak huni.

 

Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)
image: puskim.pu.go.id

Struktur Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

 

Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) mempunyai konsep bahwa seluruh komponen rumah dapat di bongkar-pasang atau knock down system yang memiliki sistem struktur fleksibel yaitu sesuai kebutuhan dan selera pemilik.

Pemasangan dengan sistem knock down diikat dengan mur-baut. Pemasangan tidak butuh tenaga ahli. Dengan buku manual, tukang biasa pun bisa melakukannya. Rumah instan ini memakai tiga komponen panel beton sebagai elemen struktur. Dengan tiga komponen tersebut dapat membentuk struktur mulai dari pondasi, sloof, kolom, balok dan kuda-kuda, bahkan panel struktur itu dapat berfungsi sebagai tiang pagar, drainase, carport dan tangga (optional). Bila ada panel yang rusak bagian yang rusak bisa diganti secara parsial seperti suku cadang mobil.

Sebagai contoh, RISHA yang terdiri dari modul 2 tipe Panel Struktur (P1 dan P2) sebagai lengan struktur yang berfungsi sebagai sloof, kolom dan balok. Kemudian ditambah dengan modul simpul sebagai komponen penyambung pada sisi dan sudut ruang. Kesemua modul (struktur dan simpul) dirakit dan dihubungkan dengan menggunakan sistem baut dan plat atau bisa menggunakan sistem kancing menggunakan plat baja galvanis melalui lubang-lubang di setiap komponennya.

Setelah panel struktur terbentuk rangka rumah, untuk pengisi dinding bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti menggunakan dinding bata, kayu, multiplek, gipsum, kalsiboard dan lain sebagainya. Juga untuk atap bersifat fleksibel.

Kelebihan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

  • Teknologi RSH sistem RISHA dapat dibuat rumah semipermanen. Bila lokasi telah dapat ditentukan, rumah tersebut dapat dibongkar dan dipindahkan ke lokasi yang lebih sesuai menjadi rumah permanen.
  • Pembangunan dapat bertahap karena menggunakan sistem bongkar pasang (knockdown) serta komponennya ringan (maksimum 50 kg). Bila sudah bosan dengan desain bangunannya, kelak dapat diubah tanpa harus mengganti komponen-komponennya.
  • Pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) dapat dilakukan dalam waktu singkat. Untuk tipe 36m2 hanya perlu 2 hari untuk mendirikannya, bahkan bisa hanya 1 hari (bilamana kondisi SDM dan lapangan memenuhi syarat)
  • RISHA  menggunakan pondasi setempat yang hanya pada titik-titik tumpuan, sehingga menghemat biaya bahan & konstruksi.
  • RISHA dapat dibangun di berbagai jenis lahan menyesuaikan dengan kondisi lahan yang ada.
  • Usia bangunan dapat mencapai 50 tahun seperti dipersyaratkan dalam UUBG.
  • Sistem struktur dan konstruksinya memungkinkan RISHA dibangun menjadi rumah panggung atau rumah setengah panggung. Kreatifitas desain dari sifat modularnya sangat fleksibel.
  • Teknologi RSH Sistem RISHA dapat dimanfaatkan untuk bangunan rumah, sarana ibadah, sarana kesehatan serta sarana pemerintahan dalam skala kecil.
  • Sistem struktur dan konstruksi beton bertulang, sehingga mengatasi kelangkaan bahan kayu.
  • Struktur RISHA telah di uji ketahanan terhadap resiko gempa sampai dengan zona 6 di Laboratorium Struktur dan Konstruksi Puslitbangkim.

Kekurangan Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA)

  • Desain kurang fleksibel karena keterbatasan modul komponennya sehingga tergantung kreatifitas arsiteknya.
  • Terbatas sampai konstruksi bangunan untuk 2 lantai.
  • Belum merata aplikator RISHA di Indonesia

Perlu diketahui

Sistem struktur RISHA menggunakan sistem modul yang dibentuk dari merakit komponen-komponen dasarnya. Dengan demikian bentuk rumah beserta ruang-ruang yang ada terbentuk sesuai keterbatasan modul komponen. Oleh karena itu, struktur Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) harus ditentukan sejak proses awal desain rumah.

RISHA bisa diterapkan untuk bangunan dua lantai, dengan persyaratan :

1. Beban hidup untuk lantai dan rumah tinggal sederhana dengan beban 125 kg/m2, disini harus dihindari perubahan fungsi ruang, misal berubah peruntukannya menjadi gudang, perpustakaan, asrama, atau lantai sekolah.

2. Konstruksi lantai digunakan konstruksi balok loteng dan papan kayu atau multi block. Untuk rumah bertingkat sederhana, sudah dicoba dengan lantai keraton (keramik – beton)

3. Untuk lantai dari bahan beton bertulang, belum direkomendasikan.

 

Rumah Instan Sederhana Sehat – Lentera Rumah

 

Related Post

30 comments

    1. Belum ada Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) di Jombang dan daerah Jawa timur (per Oktober 2016). Informasi lebih lanjut hubungi (jika masih aktif) Bapak Moch. Edi Nur : 081320706072, Bapak Muhajirin : 081236335253

        1. Belum ada Rumah Instan Sederhana Sehat di Sulawesi. Informasi lebih lanjut hubungi (jika masih aktif) Bapak Moch. Edi Nur : 081320706072, Bapak Muhajirin : 081236335253

          1. Saya ingin bangun rumah risha. Saya tinggal di twbing tinggi sumut. Memang blm ada yg membangun risha di sini. Saya butuh info nya. Apakah di tebing tinggi bisa?

      1. Bagaimana cara pemesanan rumah risha saya DARI NTB LOMBOK TIMUR
        RUMAH RISHA DI WILAYAH SAYA
        BELUM ADA tolong bagaimn cara saya menghubungi agensi Risha

  1. untuk membangun rumah risha itu harus borongan apa per unit jg bisa,
    maksudnya harus banyak unit apa 1 unit jg bisa,

  2. Min, ukuran tanah saya 5 x 12 m ingin d bangun 2 lantai,berapa jumlah modul/ balok risha yang di butuhkan?
    minta infonya yah…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *