Atap Rumah Minimalis Unik Dan Sederhana


Atap merupakan penutup bagian atas rumah yang berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari dan hujan. Bagian ini merupakan komponen penting dalam membangun suatu rumah. Atap yang kokoh akan mendukung bangunan rumah secara keseluruhan. Dalam merencanakan pembangunan rumah minimalis, maka perlu diperhatikan beberapa komponen salah satunya adalah atap rumah minimalis.

Atap Rumah Minimalis

Hal yang Harus Diperhatikan Atap Rumah Minimalis

Dalam merencanakan model atap rumah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari konstruksi atap, struktur gording atap, serta kuda-kuda atap. Bagian struktur atap terdiri dari usuk, reng, dan gording.

Konstruksi atap tersebut harus kuat untuk menopang penutup atap agar aman dan nyaman untuk melindungi. Kemudian setelah konstruksi dasar atap rumah, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahan atap rumah. Saat ini terdapat beberapa bahan atap rumah seperti asbes, tanah liat, keramik, aspal, ataupun bahan fiber. Bahan-bahan ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Setelah memperhatikan konstruksi atap rumah dan bahan atap rumah, maka hal yang tak kalah penting adalah desain atap rumah. Desain atap rumah minimalis terdapat beberapa variasi yang disesuaikan dengan model rumah minimalis.

Baca Juga:  Arsitektur Rumah Kayu Jepang Unik Dan Sederhana

Model atap yang tepat maka akan mendukung desain rumah minimalis secara keseluruhan. Pemilihan model atap rumah minimalis, dapat disesuaikan dengan selera Anda. Anda dapat menyesuaikan model atap tersebut terhadap perkembangan zaman saat ini.

Beberapa Model Atap Rumah Minimalis

Model Atap Rumah Minimalis

Ada beberapa model atap rumah yang dapat menjadi referensi bagi Anda selain Seni Desain Atap Kontemporer, antara lain:

Model Desain Atap Rumah Minimalis Pelana

Atap model ini terdiri dari 2 sisi yang sejajar yang bertemu pada garis pertemuan yang ada di tengah atau yang disebut bubungan. Model atap ini cukup sederhana dan biasanya dipakai untuk atap rumah pada umumnya atau sekolahan.

Desain atap pelana dengan kemiringan hingga 35 derajat ini cocok baik untuk rumah tradisional maupun rumah modern dengan kemampuan untuk menyerap radiasi sinar matahari dan dapat membuat guyuran air hujan langsung jatuh ke tanah.

Model Desain Atap Rumah Minimalis Perisai

Atap perisai merupakan inovasi dari atap model pelana. Atap perisai ini memiliki bidang yang miring di seluruh bagian sisinya. Atap ini terbentuk dari 2 bidang segitiga dan dua bidang trapesium. Desain atap ini menggunakan sudut sebesar 30 hingga 40 derajat. Karena memiliki sisi miring, maka semua bagian dinding dapat terlindung dari sinar matahari dan terpaan air hujan.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kayu

Keuntungan lain dari pemilihan jenis atap ini adalah bentuknya yang miring sehingga Anda dapat membelokkan arah angin ke atas. Dengan demikian resiko kerusakan struktur bangunan atap dapat diminimalisir.

Model Desain Atap Rumah Minimalis Datar

Model atap rumah datar dapat dikatakan sebagai model atap rumah minimalis yang paling sederhana baik dari segi bentuk maupun pembuatannya. Hal ini dikarenakan model atap ini terdiri dari konstruksi beton yang secara langsung di lakukan pengecoran saat proses pembuatannya.

Kemudahan dalam hal pembuatan dan biaya untuk membuat desain atap rumah sederhana ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih model atap rumah. Namun sayangnya terdapat kekurangan ketika Anda menggunakan atap rumah datar, yaitu ketika terjadi hujan, air akan sulit untuk mengalir ke bawah sehingga air akan mudah tergenang dan berisiko terjadinya kebocoran.

 

Atap Rumah Minimalis Unik Dan Sederhana

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *