Arsitektur Rumah Kayu Jepang Unik Dan Sederhana


Jepang merupakan negeri yang terkenal dengan keakrabannya dengan alam. Hal itu bahkan nampak juga pada sisi arsitektur rumah. Tak mengherankan jika sampai sekarang pun desain arsitektur rumah kayu jepang masih populer di kalangan orang-orang modern. Ada orang yang sengaja menggunakannya untuk membuat citra klasik dan ada juga orang yang menggunakannya dengan mengkombinasikan gaya klasik dan modern untuk membuat tampilan rumah nampak lebih artistik. Jika anda belum pernah mencobanya, tak ada salahnya jika anda mencoba siapa tahu anda justru cocok dengan gaya ini.

desain rumah kayu jepang

Arsitektur Modern Desain Rumah Kayu Jepang

Karena Indonesia dan Jepang sama-sama negara yang bertempat di Asia, maka tak heran jika rumah kayu model Jepang juga cocok untuk diterapkan di Indonesia. Sebenarnya salah satu model klasik rumah yang asli dari Indonesia juga berbahan kayu sebagian besarnya yaitu rumah panggung.

Perbedaan antara model jepang dan model indonesia hanya ada pada desain bangunannya sementara bahannya sama-sama kayu. Jadi ketika anda melihatnya dan merasakan ketertarikan, itu sudah merupakan perasaan yang wajar. Apa yang kemudian harus anda perhatikan adalah bagaimana supaya rumah model tersebut bisa pas untuk anda bangun di negeri ini.

Baca Juga:  Atap Rumah Minimalis Unik Dan Sederhana

Salah satu langkah yang bisa anda tempuh untuk bisa memiliki rumah model kayu dari jepang adalah dengan mengkombinasikannya dengan gaya indonesia. Itu bukan hal yang mudah karena anda akan membutuhkan ide kreatif supaya hasilnya juga tetap indah dan nyaman untuk ditempati. Selain itu, ada Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kayu.

Pertama-tama tentu anda harus pasti dulu model seperti apakah yang akan anda jadikan basis rancangan anda. untuk model jepang sendiri adalah model rumah kayu klasik dan ada juga yang dikombinasikan dengan aspek modern. terserah pertimbangan anda sendirilah yang mana yang akan anda gunakan dari dua pilihan itu.

Sebenarnya untuk model klasik, desain rumah kayu jepang mungkin anda akan menemukan banyak kendala, khususnya dalam hal kecocokan. Hal itu ada kaitannya dengan model yang sepenuhnya jepang.

Anda misalnya akan menemukan model-model pintu geser yang memang menjadi ciri khasnya yang paling utama, belum lagi model dinding ruangan dalam rumah yang cenderung hanya berfungsi sebagai penghalang fisik yang ringan, jelas sangat beda dengan model dinding rumah indonesia yang terbuat dari kayu ataupun tembok. Dalam hal ini, kultur keluarga indonesia mungkin kurang cocok dikombinasikan dengan model rumah yang satu ini.

Baca Juga:  Berapa Tarif Jasa Arsitek di Indonesia?

Jadi, pilihan yang sebenarnya lebih pas adalah desain rumah kayu jepang modern. Dengan model yang lebih simpel ini anda pun akan lebih bebas berkreasi dan menyesuaikannya dengan model indonesia. Anda misalnya bisa hanya mengambil desain utama bagian eksterior rumah sementara sebagian besar bagian dalam rumah didesain menggunakan gaya indonesia.

Untuk membuat sense jepang sedikit lebih terasa, anda harus mempraktekkan dekorasi jepang yang juga didominasi oleh warna-warni yang cerah. Model kamar tidur ala jepang misalnya, juga memiliki beberapa ciri khas termasuk tidak menggunakan model ranjang.

Perhitungan Biaya untuk Konstruksi Rumah Kayu Jepang

Setelah anda memilih salah satu model arsitektur desain rumah kayu jepang yang paling pas untuk anda, maka kini anda tiba saatnya untuk memperhitungkan biaya yang mungkin akan anda butuhkan untuk mendapatkan satu model rumah seperti ini.

Biaya yang akan keluar paling besar jelas untuk bahan kayu yang menjadi ciri khas utamanya. Bisa jadi anda akan membutuhkan dana yang lebih besar daripada jika anda membangun rumah modern biasa yang tersusun dari batu bata dan tembok. Selain itu, perabotan yang akan anda butuhkan untuk menghiasi dan mengisi rumah anda pun akan cenderung biayanya membengkak.

Baca Juga:  Mengenal Seni Desain Atap Kontemporer

 

Arsitektur Rumah Kayu Jepang Unik Dan Sederhana

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *