Pengaruh Lampu Saat Tidur


Ada alasan tertentu saat tidur orang menyalakan atau mematikan lampu di ruang tidur. Lampu sebagai pencahayaan ruangan memiliki efek yang berguna untuk ruangan tersebut agar menjadi terang, menarik bahkan bisa membuat ruangan memiliki kesan dramatis maupun hangat. Akan tetapi ketika tubuh memerlukan istirahat yang cukup lama yaitu tidur, sebaiknya mematikan lampu. Ternyata lampu memiliki pengaruh saat tidur.

pengaruh lampu saat tidur

Seperti yang dikutip dari American Journal of Epidemiology menurut penelitian wanita yang tidur dengan lampu menyala dalam kamar tidur, cenderung memiliki lingkar pinggang lebih besar daripada wanita yang tidur dengan lampu mati. Sedangkan Journal of Affective Disorders menulis sebuah penelitian bahwa ketika malam hari orang yang berada di ruangan terang memiliki depresi yang lebih tinggi.

Selain itu, dalam International Journal of Health Geographics yang dirilis pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa wanita yang hidup pada area tingkat tinggi pembangunan perkotaan, pencahayaan buatan dari jalan raya, pusat perbelanjaan dan rumah dengan kondisi yang terang benderang, menunjukkan angka penyakit kanker payudara yang lebih tinggi.

 

Tidur Dengan Lampu Terang

 

Saat orang tidur terpapar cahaya lampu terang dapat menekan produksi melatonin yaitu hormon yang diproduksi oleh sebuah kelenjar pineal di otak yang berguna untuk mengatur jam tidur biologis manusia. Hormon alami yang diproduksi oleh otak ini akan bekerja saat hari mulai malam dan akan memberi sinyal pada tubuh yang ditandai dengan perasaan rilek dan mengantuk. Melatonin memiliki fungsi lain yaitu untuk menurunkan suhu tubuh, tekanan darah dan kadar glukosa. Penurunan suhu tubuh akan membuat proses tidur dapat berlangsung lebih cepat dan dapat tidur dengan nyenyak.

Yang perlu diketahui juga adalah, pengganggu tidur bukan hanya berasal dari lampu ruangan yang menyala terang, namun juga dapat berasal dari cahaya televisi yang tetap menyala saat tidur. Juga yang terlihat sepele adalah adanya handphone dalam ruangan atau berada di dekat kita saat tidur. 2 benda ini dapat mengacaukan produksi melatonin.

Untuk itu, sebaiknya saat tidur matikan lampu atau gunakan lampu yang minim cahaya dan buat kondisi di kamar tidur saat akan beristirahat dengan mengurangi pencahayaan, mematikan handphone, televisi atau benda elektronik lainnya karena dapat memperburuk kesehatan.

 

Pengaruh Lampu Saat Tidur – Lentera Rumah

 

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *