Memilih Tempat Tidur Yang Nyaman


Sudah menjadi kebutuhan wajib dan tidak bisa dihindari oleh manusia yaitu tidur. Sepertiga dari hidup manusia akan dihabiskan di tempat tidur setiap harinya. Dalam waktu yang cukup lama tersebut, kita harus membuat senyaman mungkin agar kualitas istirahat menjadi maksimal. Untuk itu dengan memilih tempat tidur yang nyaman, kepenatan setelah beraktivitas  seharian dapat pulih kembali tanpa harus mengalami gangguan.

memilih tempat tidur nyaman

Tempat tidur yang kurang nyaman akan menyebabkan masalah baru, yang seharusnya dengan tidur untuk mendapatkan kesegaran. Bangun tidur punggung malah sakit, tidur tidak nyenyak sehingga saat bangun tubuh terasa masih penat karena kualitas tidur tidak sempurna dan lain-lainnya. Bagaimana untuk menentukan tempat tidur yang nyaman?

Kenyamanan Hal Penting Untuk Tempat Tidur

 

Ketika anda akan membeli sebuah tempat tidur yang perlu diperhatikan adalah kenyamanannya. Saat ini banyak model dan jenis tempat tidur yang ada di pasaran mulai dari bahan material kayu hingga besi dengan matras atau kasur dari kapuk hingga udara. Yang terpenting, apakah Anda merasa nyaman dengan material tersebut?

Tidak ada salahnya untuk mencoba duduk atau berbaring sejenak di tempat tidur yang akan dipilih untuk mengetahui apakah merasa nyaman atau tidak. Bagaimana perasaan saat berada di sana? Apakah cukup lembut dan kuat saat menopang tubuh anda? Dan apakah sesuai dengan bentuk tubuh anda? Jika semua jawaban mengarah hal yang negatif saat anda berbaring, sebaiknya coba yang lain karena tempat tidur tersebut tidak cocok buat anda.

Bahan Yang Berkualitas

Sebuah tempat tidur adalah furniture yang sering dipakai dan untuk kurun waktu lama. Untuk itu pilih bahan atau material yang kuat dan tidak mudah rusak. Terkadang orang tergiur dengan harga murah namun dalam waktu singkat sudah rusak dan akan membeli lagi. Meskipun harga relatif mahal namun dapat digunakan dalam jangka panjang bahkan kalau mungkin dapat digunakan hingga anak cucu.

Periksa dengan teliti material dasar apa yang digunakan pada tempat tidur tersebut. Misalkan dari kayu, tanyakan atau teliti jenis kayu apa yang dipakai. Demikian jika menggunakan besi mengingat banyak macam maupun jenis besi. Tidak dapat dipungkiri, terkadang banyak penjual mebel yang mencoba mengelabui pembelinya.

Pilih Kasur Atau Matras Yang Cocok

Kasur atau matras merupakan hal penting untuk tempat tidur. Saat ini banyak kasur dengan berbagai macam bentuk dan bahan pembuatannya seperti menggunakan pegas (per), kapuk, busa, air, udara, bulu, rambut dan sebagainya. Kasur yang paling populer dipilih masyarakat saat ini adalah dari pegas, busa dan kapuk. Namun perhatikan dalam memilih bahan-bahan tersebut, terutama bagi yang menderita alergi bahan tertentu seperi kapuk atau busa.

Rahasia dari tidur yang berkualitas adalah dari kasur atau matras. Perubahan posisi kasur setelah ditimpa tubuh akan mengalami perubahan bentuk. Kasur yang baik akan mengikuti lekuk tubuh pemakainya. Tidak terlalu lembut atau keras yang akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi pegal atau sakit saat bangun tidur.

 

Ukuran Tempat Tidur

Hal yang penting lain adalah ukuran tempat tidur. Tempat tidur khusus bayi akan tidak cocok untuk anak dan tempat tidur khusus anak tentu tidak dianjurkan untuk orang dewasa. Selain itu, tentukan penggunaan tempat tidur untuk satu atau dua orang dan juga ukuran luas kamar.

Memaksakan ukuran tempat tidur besar di kamar yang sempit, bukan hanya mengganggu kualitas tidur juga aktivitas lain dalam ruangan tersebut akan terganggu. Berikut ukuran tempat tidur yang ada di pasaran:

bed-sizes

 

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tempat Tidur

Untuk memilih dan mendapatkan tempat tidur yang nyaman dan baik, tidak ada salahnya bertanya rekan atau kerabat yang telah menggunakan jenis tempat tidur yang diinginkan. Selain itu, kita bisa mencoba tempat tidur di hotel atau pameran sebanyak mungkin untuk mengetahui apakah tempat tidur tersebut nyaman digunakan.

Sebaiknya membeli tempat tidur yang berkualitas meskipun dengan harga yang relatif mahal daripada tergoda dengan harga yang murah namun kualitas rendah yang akan cepat rusak. Ini adalah cara yang baik untuk membelanjakan uang secara bijak.

Jika kamar tidur sempit sebaiknya jangan memaksakan membeli tempat tidur yang berukuran besar. Pertimbangkan luas kamar dengan ukuran tempat tidur. Selain itu, pikirkan membeli tempat tidur ukuran dewasa untuk anak mulai usia sekolah yang bisa dipakai saat mereka remaja bahkan dewasa.

 

Memilih Tempat Tidur Yang Nyaman – Lentera Rumah

Related Post

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *