4 Tips Mendesain Kamar Tidur Minimalis


Kamar tidur merupakan salah satu bagian dari rumah yang paling penting karena memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah beraktivitas seharian. Oleh karena itu, jika kondisi kamar tidur buruk atau berantakan maka akan dapat mengganggu kualitas tidur dan sebaliknya kamar tidur yang rapi, sehat akan membuat kualitas istirahat menjadi lebih baik.

Tempat tidur seharusnya menjadi tempat yang dapat membuat menghilangkan stres dan menjadikan tempat yang benar-benar untuk bersantai. Salah satu usaha adalah mendesain kamar tidur secara minimalis. Pengertian minimalis disini adalah memanfaatkan fungsi yang sebenarnya.

 Mendesain Kamar Tidur Minimalis

 

4 Tips Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Meskipun banyak desain untuk menciptakan suasana kamar tidur menjadi lebih baik, namun setidaknya ada 4 tips desain kamar tidur  yang bisa menciptakan suasana minimalis sesuai dengan fungsi kamar tidur. Simak ulasan berikut ini.

1. Jauhkan semua barang yang tidak berhubungan dengan kamar tidur.

Pikirkan apa yang akan dilakukan di kamar tidur. Kamar tidur adalah ruangan untuk tidur atau istirahat, bukan yang lain. Untuk itu hindari memenuhi kamar tidur dengan barang-barang yang tak ada hubungannya dengan tidur. Simpanlah barang-barang yang sekiranya tidak ada sangkut pautnya ketika kita tidur ke ruangan lain, kecuali benar-benar diperlukan. Barang-barang seperti handphone, buku, koran, laptop, gelas atau apapun yang tidak dibutuhkan simpan yang rapi atau keluarkan dari kamar tidur.

2. Minimalkan jumlah barang di dalam kamar tidur.

Jumlah barang dalam kamar tidur dapat menjadi tolak ukur kerapian kamar tidur. Kamar tidur minimalis sebaiknya hanya terdiri dari tempat tidur, meja kecil, lampu baca, dan lemari. Selain itu biasanya akan membuatnya terlihat berantakan. Namun, kembali lagi kepada diri sendiri karena kebutuhan tiap orang berbeda-beda. Sebaiknya minimalkan jumlah barang di kamar tidur, selain menjadi tidak berantakan, kamar tidur akan terlihat bersih dan rapi.

3. Manfaatkan ruang kosong.

Kamar tidur minimalis bukan berarti harus benar-benar minim atau kosong. Jika ukuran kamar tidur sempit, manfaatkan ruang kosong yang ada di kamar tidur. Misalnya dengan menyimpan keranjang kecil di kolong ranjang untuk menyimpan pakaian. Fungsikan lemari dengan maksimal, dan lain sebagainya.

4. Perhatikan jendela atau gorden.

Idealnya, kamar tidur memiliki jendela. Ya, jendela juga merupakan bagian yang penting dari kamar tidur kamu. Hal-hal seperti desain dan bahan kain gorden yang digunakan tidak hanya sekedar menghias dekorasi kamar tidur kamu, namun juga tingkat kenyamanan. Perhatikan faktor-faktor seperti ukuran ruangan, ukuran jendela, jumlah cahaya luar yang masuk ke ruangan, serta jenis dan bahan gorden sebelum mendekorasi kamar tidur.

 

Mendesain Kamar Tidur Minimalis – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *