Menciptakan Tata Ruang Kantor Yang Nyaman


Tujuan utama dalam menciptakan tata ruang kantor yang nyaman adalah untuk memperlancar komunikasi, mempermudah koordinasi dan pengawasan yang akhirnya akan dapat meningkatkan efisiensi kerja pada umumnya. Pengaturan dan penataan letak perlengkapan dan perabot kantor di dalam ruang kantor yang se efisien mungkin akan menjamin adanya tempat dan keleluasaan kerja yang sebaik-baiknya bagi setiap karyawan.

Hal-hal yang sering memerlukan atau mengharuskan adanya penciptaan tata ruang kantor yang nyaman adalah:

  1. Penambahan atau pengurangan pegawai pada kantor yang bersangkutan;
  2. Penambahan atau penggantian perabot kantor atau alat kerja lainnya;
  3. Perubahan mengenai proses penyelesaian suatu pekerjaan;
  4. Penambahan, pengurangan atau perubahan tugas pekerjaan.

Menciptakan Tata Ruang Kantor Yang Nyaman

Menciptakan Tata Ruang Kantor

 

Untuk mengatasi jika suatu ketika terjadi perubahan yang mengakibatkan pengaruh terhadap ruang kantor maka perlu dilakukan peninjauan tata ruang kantor yang ada, dengan langkah-langkah dalam merancang suatu tata ruang. Beberapa Tips Sewa Kantor

Langkah-langkah yang dimaksudkan adalah:

  1. Buatlah denah kantor dengan menggunakan skala 1: 40 semakin kecil skala maka semakin besar gambarnya.
  2. Mencatat semua aktivitas kantor, menentukan proses penyelesaian pekerjaan, dan menentukan jumlah pegawai yang diperlukan.
  3. Menyusun meja-meja kerja untuk para pegawai, dengan mengikuti petunjuk cara penyusunan perabot.
  4. Selanjutnya buatlah denah untuk penempatan meja dan lemari serta peralatan lain yang dipergunakan untuk proses pekerjaan.

Setelah tata ruang dirancang dengan baik, sesuai pedoman atau asas tata ruang maka berikut ini cara penyusunan meja kerja agar tercapai suatu efisiensi kantor.

Bentuk-bentuk penyusunan meja kerja

 

Tata ruang garis lurus (straight line layout).

Seperti sudah dikemukakan pada bagian terdahulu maka meja kerja hendaknya disusun menurut garis lurus dengan para pegawai menghadap ke jurusan yang sama sedangkan posisi pimpinan dibelakang para pegawai. Hal ini tentunya dimaksudkan agar para pegawai tidak terganggu dengan rekan kerja yang lainnya. Meja kerja yang di gandeng sebaiknya tidak melebihi dua buah agar masing-masing pegawai dapat keluar masuk pada mejanya melalui salah satu lorong di sisinya.

Tata ruang bentuk bank.

Karena pelaksanaan tugas yang bersifat khusus dapat dilaksanakan penyusunan meja kerja bentuk lain yaitu tata ruang kantor yang memakai susunan bank dimana meja kerja para pegawai diletakkan saling berhadapan secara berpasangan.

Tata ruang bentuk tentara (army arrangement) atau kadang-kadang disebut dengan susunan kelompok.

Untuk jenis ini satu kelompok terdiri atas empat atau lima meja, sangat cocok untuk kantor yang memiliki lantai luasnya terbatas. Tetapi dapat menghemat lantai yang ada atau dapat mempermudah alur pekerjaan yang dilakukan.

 

Tata Ruang Kantor – Lentera Rumah

 

Related Post

One comment

  1. Untuk melengkapi langkah no.4, kebanyakan kantor-kantor di kota besar (misal Jakarta) biasanya menggunakan partisi untuk memisahkan atau membatasi workspace masing-masing staf.

    Bahan partisi-nya juga terkadang bervariasi, ada yang terbuat dari besi, ada juga yang berbahan seperti tirai.

    Beberapa perusahaan furnitur di Jakarta, sudah menyediakan website, untuk memudahkan pembelian secara online, dan untuk kasus partisi kantor biasanya dapat memesan ukuran custom sesuai dengan kondisi ruangan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *