Desain Ruangan Dengan Kaca Cermin


Kaca cermin dapat digunakan sebagai material dalam mendesain sebuah ruangan. Kaca cermin berbeda dengan kaca biasa karena dapat memantulkan bayangan yang ada di depannya dengan sempurna. Dengan demikian penggunaan kaca cermin sebagai desain interior dapat sebagai keseimbangan antara dimensi ruang dengan dinding yang kosong agar tampak lebih atraktif.

 

desain interior kaca cermin

Selain menciptakan desain yang atraktif pada ruangan, kaca cermin memiliki manfaat lain yang bukan hanya sekedar sebagai alat untuk melihat refleksi saja. Ada beberapa keuntungan jika memasang kaca cermin pada bagian tertentu dari sebuah ruangan. Lentera Rumah merangkum beberapa manfaat material kaca cermin sebagai pelengkap desain interior ruangan.

Beberapa manfaat material kaca cermin pada sebuah ruangan

Kaca cermin menawarkan sebuah solusi untuk memberikan kesan luas pada ruangan sempit. Dengan memasang kaca cermin pada tembok ruangan, persoalan ruang kecil atau sempit dapat teratasi dengan murah dan praktis. Apalagi jika ditempatkan berseberangan dengan jendela, ruangan akan tampak lebih luas sampai 10 kali dari sebenarnya.

Mendesain ruang tamu dengan memasang kaca cermin di kanan atau kiri dinding pintu masuk akan memberikan pencahayaan yang lebih untuk menyambut datangnya tamu yang berkunjung. Selain itu, dengan adanya cermin, pantulan cahaya alami yang datang dari arah jendela atau pintu yang akan diteruskan ke dalam ruang sehingga lebih terang.

Ilmu feng shui membahas juga mengenai kaca cermin yang ditempatkan pada titik tertentu. Cermin dipercaya membawa nilai positif bagi pemilik rumah. Misalkan peletakan kaca cermin dekat meja makan, dipercaya akan membawa keberuntungan dan kekayaan. Paparan cahaya yang langsung menuju kaca cermin di dinding akan memberikan energi positif  karena kaca mewakilkan air dalam ilmu feng shui.

Hal yang mungkin tidak dimengerti kebanyakan orang bahwa ternyata kaca cermin dapat membuat betah berlama-lama di ruangan tersebut. Sebagai contoh, aktivitas di dalam kamar tidur yang terdapat kaca cermin akan lebih lama dibandingkan dengan yang tidak ada cerminnya. Orang tidak akan cepat meninggalkan kamar jika ada cermin di dalamnya. Bisa saja untuk berhias, mencoba pakaian bahkan sebagai lawan bicara sendiri. Contoh lain keberadaan cermin dalam kamar mandi, waktu bisa lebih lama berada di situ, bukan?

Cermin awalnya terbuat dari logam yang mengkilap yang akhirnya berkembang terbuat dari kaca yang dilapisi aluminium tipis pada salah satu sisi dan akhirnya dapat memantulkan bayangan dengan sempurna. Sebagai material desain ruangan sebaiknya memesan kaca cermin yang disesuaikan dengan ukuran dan bentuk ruang, termasuk bentuk dan pola bingkai sesuai gaya interior. Semoga bermanfaat

 

Desain Ruangan Interior Dengan Kaca Cermin

Related Post

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *