Membangun Rumah Kecil Di Lahan Sempit


Jika Anda ingin membangun rumah pada lahan kosong yang sempit atau tidak terlalu luas, sebaiknya perlu mendesain dengan benar rencana bangunan rumah tersebut. Terbatas nya lahan yang mungkin dikarenakan pemberian orang tua atau kemampuan daya beli saat ini, tidak menjadi halangan untuk mendapatkan sebuah rumah hunian yang nyaman.

Dalam membangun rumah kecil di lahan yang sempit, harus memperhatikan hal yang sangat mendasar yaitu masalah kenyamanan. Rasa nyaman saat berada di dalam rumah akan dapat meningkatkan aktivitas yang lain dengan lancar. Setelah itu faktor keindahan dan lainnya dapat ditindaklanjuti.

Membangun Rumah Kecil Di Lahan Sempit

Rumah Kecil Di Lahan Sempit

Desain berikut ini lebih cocok jika diterapkan pada rencana pembuatan rumah baru atau memodifikasi rumah kecil yang telah ada. Beberapa tips desain di bawah ini sebaiknya diketahui agar dalam membuat rumah kecil menjadi nyaman dan menyenangkan.

Membangun atap yang tinggi.

Keterbatasan lahan yang sempit bukan menjadi alasan untuk membuat rumah kecil menjadi nyaman dan indah. Dengan membuat atap yang tinggi suhu udara dalam ruangan akan lebih sejuk tanpa AC sehingga membuat rasa nyaman pada penghuni rumah. Selain itu atap yang tinggi akan memberikan kesan yang luas pada rumah.

Meminimalkan sekat dalam rumah.

Pembuatan sekat-sekat sebagai pembatas ruangan yang terlalu banyak pada rumah kecil akan menambah sempit ruangan yang ada di dalam rumah. Anda bisa menggabungkan beberapa ruangan menjadi satu agar kesan menjadi lebih luas. Pertimbangkan penggabungan ruang tamu dengan ruang keluarga, ruang keluarga dengan ruang makan atau ruang dapur dijadikan satu dengan ruang makan.

Memanfaatkan ruang terbuka.

Lahan yang sempit memang membatasi kreasi desain untuk menciptakan rumah yang ideal, namun keterbatasan tersebut perlu disiasati. Kita tidak dapat memaksa membuat ruang tamu di dalam rumah jika menginginkan ruang keluarga yang lebih luas. Saat ini tidak ada salahnya membuat ruang tamu di luar rumah seperti berada di teras depan. Selain menciptakan ruang tamu terbuka yang nyaman, ruang di dalam rumah bisa digunakan sebagai ruang lain. Demikian juga untuk belakang rumah. Desain dapur atau ruang makan terbuka menjadi sebuah solusi rumah kecil menjadi nyaman.

Pemilihan warna cat untuk ruangan.

Setelah desain rumah diterapkan untuk pembangunan rumah, ada hal yang perlu diperhatikan lagi setelah rumah berdiri yaitu pemilihan warna cat tembok untuk rumah baik itu eksterior maupun interior. Pilih warna terang agar terlihat bersih, elegan dan yang terpenting akan memberi kesan luas dari yang sebenarnya. Penggunaan warna gelap akan menimbulkan kesan tambah sempit pada rumah Anda.

Pemilihan furniture.

Tips yang terakhir adalah penggunaan furniture yang tepat. Jangan memaksa menggunakan furniture hanya karena kesenangan saja, yang terpenting adalah fungsi dan kepraktisan. Sesuai ukuran furniture dengan kondisi rumah kecil Anda, jika perlu dapat memesan ke tukang mebel dengan desain sendiri yang telah disesuaikan dengan kondisi yang ada di ruangan rumah.

Semoga membantu bagi yang ingin membangun sebuah rumah kecil yang nyaman di lahan sempit.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *