Pertimbangan Sebelum Membeli Apartemen Mewah Untuk Pemula

Membeli Apartemen Mewah

Ya, pada saat akan membeli properti, terutama apartemen, Anda perlu mempertimbangan banyak hal dengan baik. Pengambilan keputusan akan lebih baik lagi jika dilakukan dengan tidak tergesa – gesa, karena yang demikian menyangkut dampak jangka panjang, apalagi jika ini merupakan pengalaman pertamamu.


Pertimbangan Sebelum Membeli Apartemen Mewah Untuk Pemula

Wajib dipikirkan dengan matang, berikut kami bagikan hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli apartemen mewah, terutama untuk pemula. Simak ulasan lengkapnya di sini!

Menetapkan Tujuan Secara Jelas

Tujuan dan kebutuhan tiap orang akan sebuah tempat tinggal pastinya berbeda – beda. Meski demikian, tujuan dan kebutuhan akan menjadi penentu jenis apartemen seperti apa yang dibutuhkan.

Misalnya, jika Anda membeli apartemen mewah untuk investasi, maka harga akan menjadi pertimbangan utamanya. Lain halnya jika tujuan membeli sebagai tempat tinggal, maka aspek utama yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi apartemen tersebut.

Selain itu, sesuaikan pula dengan kondisi pribadi. Apabila Anda masih lajang, jenis apartemen tipe studio yang compact bisa menjadi rekomendasinya. Tetapi, jika untuk kebutuhan tempat tinggal satu keluarga tentu sangatlah berbeda.

Mempertimbangkan Pro dan Kontra

Setiap pilihan unit apartemen pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan. Agar tidak salah melangkah, sebaiknya bandingkan terlebih dulu apakah Anda benar – benar membutuhkan rumah tinggal atau apartemen. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan tujuan dan kebutuhan Anda akan apartemen.

Dari segi harga dan lokasi, unit apartemen lebih unggul sebab harga apartemen yang lebih miring, Anda bisa mendapatkan tempat tinggal di tengah kota. Selain itu, fasilitas yang ditawarkannya pun terbilang lebih lengkap dan mewah.

Lakukan Survei Secara Menyeluruh

Untuk memenuhi permintaan akan hunian tinggal yang semakin membludak, saat ini ada banyak pilihan unit apartemen. Bahkan banyak pula pengembang yang berlomba – lomba menawarkan paket pembelian apartemen yang menarik sehingga tak jarang membuat Anda overwhelmed.

Namun demikian, agar mendapatkan good deal, pastikan Anda sudah melakukan survei apartemen terlebih dulu secara menyeluruh. Selain harga apartemennya, Anda juga perlu memperhatikan lokasi, keamanan, usia gedung dan fasilitas yang tersedia.

Jika sudah, bandingkan beberapa apartemen dan tentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Perhatikan Biaya yang Harus Dikeluarkan

Ada banyak orang yang terkecoh pada saat menghitung total biaya yang harus Anda siapkan untuk membeli apartemen, khususnya unit apartemen mewah. Tanpa disadari ternyata ada banyak biaya – biaya tersembunyi di tengah perjalanan yang tak jarang bisa membuat keuangan Anda membengkak.

Nah, untuk menghindari hal demikian, pastikan Anda terlebih dulu menghitung segala macam biaya tambahan agar terlihat lebih jelas di awal. Biaya tak terduga ini biasanya meliputi biaya akta jual beli apartemen, pengurusan apartemen dan pajak.

Tidak hanya itu, kadang kalanya ada juga biaya lain yang dibebankan kepada Anda, seperti biaya renovasi, parkir, pemeliharaan gedung dan lain sebagainya.

Skema Pembayaran

Terakhir, Anda juga perlu mempertimbangkan skema pembayaran yang Anda pilih. Apabila Anda sudah siapkan uang beli apartemen yang cukup, maka Anda bisa membayarnya dengan tunai yang biasanya akan memberi banyak keuntungan, seperti diskon yang besar.

Tetapi, jika Anda memilih sistem pembayaran kredit atau KPA jika dana belum mencukupi, maka pengajuan KPA ini bisa dilakukan terlebih dulu di bank – bank terdekat yang bekerja sama dengan pihak pengembang. Selain itu, Anda juga perhatikan besaran DP atau uang muka dan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Nah, itu dia beberapa pertimbangan sebelum membeli apartemen mewah untuk pemula. Semoga informasinya bermanfaat.

 

Pertimbangan Sebelum Membeli Apartemen Mewah Untuk Pemula

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.