10 Tips Menyimpan Barang Di Rumah Minimalis


Keberadaan rumah minimalis dalam arti memiliki lahan yang sempit, memang kadang merepotkan untuk penyimpanan segala barang-barang yang ada. Meskipun rumah minimalis, bukan berarti tidak bisa didesain dengan menata tempat penyimpanan yang efisien dan rapi. Karena jika itu tidak dilakukan, maka rumah akan terlihat sangat berantakan, kotor dan berubah seketika menjadi gudang. Tentu saja ini akan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman dan tidak terjaga kebersihannya.

Menyimpan Barang Di Rumah Minimalis

Dalam desain rumah minimalis seperti pada beberapa tipe perumahan, luas rumah memang terbatas maka akan menjadi hal yang sulit untuk menambahkan rak tempat penyimpanan barang-barang koleksi anda seperti sepatu, tas, buku karena akan sangat memenuhi kapasitas dalam rumah anda. Tetapi sebenarnya anda dapat mengatasi hal-hal tersebut agar rak-rak anda tidak terlalu memakan banyak space atau tempa, maka dapat membuat rak yang multi fungsi.  Untuk menyimpan barang-barang yang berukuran besar dan banyak, anda dapat memanfaatkan ruang sendiri khusus untuk menyimpan barang-barang anda.

Tips Menyimpan Barang Di Rumah Minimalis

Sebaiknya, sebelum membuat tempat penyimpanan, buatlah terlebih dahulu perencanaan yang matang dan baik sehingga tempat penyimpanan yang anda desain tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan biasa namun juga menciptakan nilai artistik tinggi.

Berikut ini adalah 10 Tips Penyimpanan di Rumah Minimalis.

1. Custom Walk ­In Closet Organizers

Desain Custom Walk ­In Closet Organizers  yaitu meletakkan barang-barang di satu ruangan dengan beberapa lemari/etalase yang besar. Desain ini pasti akan anda senangi, karena selain dapat menyimpan semua barang anda, dari segi ukuran pun sangat luas, anda akan seperti mempunyai ruang pameran sendiri di dalam rumah anda.

2. White Lacquer Interior Fittings

Desain White Lacquer Interior Fittings  bagian dari Custom Walk ­In Closet Organizers namun mengunakan warna dominasi putih agar terkesan sangat mewah dan luas. Satu atau beberapa lemari besar berwarna putih sebagai tempat penyimpanan yang sangat fungsional. Ini memang tempat yang bagus untuk menyimpan semua barang Anda.

3. Menyimpan sepatu pada rak gantung

Sandal dan sepatu yang berserakan dan berantakan di lantai tentu saja sangat tidak enak dipandang, oleh karena itu, anda memerlukan sebuah rak sepatu, mengingat kondisi rumah anda adalah minimalis maka akan terasa sulit jika harus menambahkan satu rak khusus untuk sepatu dan sandal, solusinya adalah dengan sebuah rak sepatu gantung, anda dapat membeli sebuah rak sepatu gantung pada toko yang biasanya terbuat dari polyester dan katun.

4. Memaksimalkan sudut yang sempit

Jika dalam ruangan anda terdapat sudut yang sempit contoh di dekat jendela, maka anda dapat memanfaatkan sudut yang sempit tersebut dengan furniture minimalis sebagai ruang penyimpanan barang. Anda dapat menambahkan sebuah perabotan multi fungsi seperti kursi ataupun sofa yang terdapat laci pada bagian bawahnya.

5. Memaksimalkan sebuah ruang kosong untuk rak buku

Daripada anda menyimpan koleksi buku anda dalam sebuah lemari, anda lebih baik menyusunnya pada rak buku. Karena salah satu kelebihan rak buku adalah tidak terlalu banyak memakan tempat seperti halnya lemari. Anda dapat memanfaatkan ruang minimalis anda menjadi sebuah rak buku yang tersandar di dinding, rak buku juga cocok untuk dijadikan rak pemisah antar ruangan. Anda pun bisa menyimpan barang lainnya selain buku – buku.

6. Ruang kosong di bawah tangga

Solusi yang sudah populer dari jaman dulu adalah memanfaatkan tempat kosong di bawah tangga. Tempat penyimpanan barang adalah solusi yang praktis dan tepat. Anda dapat menyulap ruang kosong di bawah tangga menjadi rak atau lemari tempat menyimpan barang anda.

7. Memaksimalkan dinding untuk televisi

Biasanya sebuah televisi diletakkan pada sebuah meja ataupun lemari. Jika anda menginginkan ruang minimalis anda tampak luas dan lega, anda dapat menempatkan televisi tidak pada perabotan – perabotan tersebut. Sebagai gantinya anda dapat menempatkan televisi LCD anda pada dinding atau tembok sehingga nampak tergantung, selain lebih praktis, ruangan akan terlihat lebih lebar dan luas.

8. Memaksimalkan ruangan di bawah tempat tidur

Desain tempat tidur sekarang ini biasanya dirancang dengan laci penyimpanan pada bagian bawahnya. Namun jika tempat tidur anda masih termasuk lama yang memiliki kolong, maka anda dapat menambahkan tempat penyimpanan barang di bawah tempat tidur sesuai dengan keinginan dan gaya anda.

9. Pilihan kursi yang multi fungsi

Sama halnya dengan tempat tidur, kursi yang terdapat bantalan ataupun sofa juga banyak yang multi fungsi. Bagian bantal tempat untuk duduk dan sofa biasanya dapat dibuka dan di dalamnya terdapat sebuah ruang kecil yang bisa anda jadikan untuk tempat penyimpanan.

10. Manfaatkan dinding

Anda dapat memanfaatkan dinding pada ruangan anda yang masih kosong, untuk membuat tempat penyimpanan sepanjang dinding yang dipasang panel. Anda dapat memesannya di toko furniture atau bila anda mempunyai waktu luang, anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri.

Itulah tadi beberapa Tips Menyimpan Barang Di Rumah Minimalis yang dapat anda baca dan semoga dapat membantu anda untuk membuat tempat penyimpanan dalam rumah minimalis anda.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *