Gaya Retro Dalam Interior Masa Kini


Gaya Retro Dalam Interior Masa Kini. Masa lalu merupakan salah satu perspektif unik manusia dalam kehidupan. Bernostalgia sambil terus berjalan menuju masa depan itulah gaya interior retro. Orang-orang cenderung untuk melihat masa lalu dan mencoba menghidupkan kembali melalui replika desain yang diberi sentuhan modern atau masa kini.

Gaya Retro Dalam Interior

Gaya Retro 

Gaya retro banyak mengacu pada gaya interior dari tahun 20-an sampai tahun 70-an yang memiliki daya tarik pada keberanian menggunakan warna dan pola berukuran besar.

Warna-warna yang menonjol adalah warna terang dan kuat yang saling bertabrakan. Gaya retro yang sarat dengan bentuk meliuk yang terinspirasi oleh gaya Art Noveau hingga Art Deco.

Tidak ada yang salah dalam pola gaya retro, semua hanya terletak pada masalah selera dan keberanian.

Mungkin inilah yang membuat gaya retro sangat potensial digali kembali seperti halnya setiap 20 sampai 30 tahun sekali sebuah siklus akan terjadi di dalam dunia desain.

Saat ini, gaya retro dihadirkan melalui bentuk-bentuk plastik yaitu mudah dibentuk, permainan pola pada dinding serta tabrakan warna yang berani pada bidang-bidang lapisan ruangan seakan ada sebuah pemberontakan pada pakem lama.

Furniture retro sarat dengan bentuk lengkung sederhana namun ada kesan mengalir dan bebas.

Usaha retro untuk memberikan sentuhan baru bagi furniture masa kini adalah memberikan kesan lebih sederhana, plastis dan biasanya oversize sebagai penekanan kesan grandeur.

Dengan kata lain gaya retro dalam interior masa kini adalah mementingkan bentuk eksperimen gaya retro daripada fungsi sebenarnya.

Furniture berbau gaya retro terkenal karena keberanian menabrakkan warna dengan sengaja. Tabrakan warna adalah bentuk ekspresi dan pencarian harmoni baru secara ekstrim.

Akan tetapi pengertian penabrakan warna bukan berarti mencampurkan warna secara sembarangan melainkan harus dilakukan dengan kecermatan dalam merasakan keseimbangan karena dalam sebuah desain kebebasan tetap harus memiliki benang merah dan harmonisasi.

Furniture gaya retro untuk mendukung kesan futuristic, seringkali dibuat sangat mengkilap dan terbuat dari bahan plastik. Meski sering terkesan naif, namun furniture retro mampu membawa kesan unik dan tidak biasa ke dalam ruang interior.

Retro dalam arti Grandeur yaitu kemewahan namun indah untuk mengekspresikan keberanian dalam kehidupan yang singkat.

 

Gaya Retro Dalam Interior Masa Kini

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *