Memilih Warna Cat Tembok Rumah Yang Tepat


Tidak dapat dipungkiri bahwa warna cat tembok memiliki daya tarik pada sebuah bangunan.  Cat tembok memiliki peranan penting untuk memperindah sekaligus sebagai pengaman lapisan luar dari tembok tersebut. Sebaiknya Anda perlu tahu jika akan membeli cat tembok karena pemilihan warna cat tembok untuk luar ruangan (eksterior) berbeda dengan warna cat tembok untuk dalam ruangan (interior).

Memilih Warna Cat Tembok Rumah Yang Tepat

Berikut ini beberapa tips memilih warna cat tembok yang mungkin bisa menjadi salah satu referensi untuk mendapatkan pengaruh dari warna yang tepat bagi rumah Anda.

Warna Cat Tembok Untuk Dalam Rumah

Warna cat tembok dalam ruangan sebagian besar dari desainer interior sudah memberikan beberapa wawasan untuk menggunakan warna yang terang atau cerah. Warna yang cerah akan memberikan kesan ruangan tampak lega dan elegan. Namun warna terang bukan didominasi warna putih, melainkan juga seperti hijau pupus, biru langit, krem dan sejenisnya. Selain itu, tidak harus sewarna bisa dikombinasikan dengan warna lain untuk memperkuat aksen.

Warna Cat Tembok Untuk Luar Rumah

Untuk pemilihan warna cat tembok yang ada di luar, tidak harus memilih warna terang misalnya putih. Bahkan pemilihan warna ini tidak menjadi rekomendasi untuk beberapa desain rumah seperti gaya minimalis. Kesan mencolok akan timbul bila memilih warna terang seperti biru langit atau putih salju. Warna yang tepat adalah tipe warna yang tidak terlalu cerah misalnya abu-abu, orange atau bisa juga dengan mengkombinasikan beberapa warna. Sangat di rekomendasikan untuk memilih cat tembok dengan efek finishing yang akan menambah nilai kesan rumah minimalis yang modern.

Memilih Warna Cat Tembok Sesuai Tema Rumah

Sebenarnya tidak ada aturan yang resmi tentang pemilihan warna cat tembok, namun agar rumah memiliki gaya dan kesan tersendiri, sangat penting untuk memilih cat tembok yang sesuai dengan tema rumah. Warna cat tembok untuk tema rumah modern tentu tidak sama dengan tema rumah minimalis. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang desain rumah, setidaknya dapat berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman dalam memilih cat tembok untuk rumah atau langsung konsultasi dengan desainer rumah yang Anda percaya.

Memilih Cat Tembok Ramah Lingkungan

Selain yang di atas, Anda perlu juga untuk mengetahui kandungan bahan yang ada pada cat yang ada di pasaran. Pilih cat yang ramah lingkungan karena selain tidak aman dengan lingkungan juga cat tidak dapat bertahan lama. Saat ini banyak produk cat yang tidak memiliki standar ramah lingkungan. Perhatikan label yang ada free lead and mercury, low volatile organic compound atau juga green label, untuk menemukan cat tembok yang ramah lingkungan.

 

Memilih Warna Cat Tembok Rumah Yang Tepat – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *