GRC Board Solusi Hemat Untuk Plafon


Fungsi plafon atau langit-langit pada sebuah bangunan adalah sebagai media penutup atap agar terlihat rapi. Letak plafon berada pada garis batas antar dinding dengan atap. Selain sebagai penutup atap bangunan agar rapi, plafon memiliki manfaat lain untuk keindahan interior bangunan, oleh karena itu, keberadaan plafon atau langit-langit bangunan cukup menyita perhatian.

Saat ini bahan dasar plafon bermacam-macam seperti kayu, triplek, gypsum, eternit, kalsiboard, aluminium dan lain sebagainya. Namun, terkadang keterbatasan dana untuk membuat sebuah plafon yang bagus dan indah menjadi penghalang. Untuk itu ada alternatif pilihan yaitu dengan bahan GRC (Glassfiber Reinforced Cement) Board.

GRC Board Solusi Hemat Untuk Plafon

 

GRC Board Solusi Hemat Untuk Plafon

 

Jika dibandingkan dengan bahan lain, GRC Board dapat menghemat anggaran biaya untuk urusan pembangunan struktur atap rumah. Ukuran lembar papan GRC Board yang tersedia di pasaran adalah 244 x 122 cm dan 120 x 60 cm. Tebal standard 4 mm. Rangka plafon untuk pemasangan GRC Board  bisa digunakan kayu kaso ukuran 4/6 atau 5/7 dengan cara dipaku. Jika mau hemat karena harga kayu semakin tinggi, bisa menggunakan hollow/besi kotak dengan cara pemasangan disekrup.

Beberapa kelebihan menggunakan plafon GRC Board.

  1. Plafon GRC Board mudah dipasang dan cepat sehingga ongkos tukang dapat ditekan.
  2. Harga GRC Board lebih murah daripada triplek.
  3. GRC Board mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan.
  4. GRC Board sangat ringan namun tahan air dan api.
  5. Bisa ditambahkan variasi seperti lis atau tempat lampu dari bahan gypsum.

Namun GRC Board juga memiliki kekurangan, antara lain:

  1. GRC Board sulit didapat. Tidak semua toko bangunan menyediakan terutama di kota-kota kecil.
  2. Kurang tahan terhadap benturan. Namun tidak perlu dicemaskan karena pengaplikasiannya di atas ruangan sehingga jarang terjadi benturan.

Tips Hemat Memasang Plafon Dengan GRC Board

Agar dapat menghemat biaya saat memasang plafon rumah dengan  bahan GRC Board, berikut ada beberapa tips yang perlu Anda simak.

  1. Lebih baik membeli material GRC Board dan rangka sendiri kemudian mencari tukang pasang plafon daripada menggunakan jasa borongan yang kita tidak tahu kualitas bahan yang digunakan.
  2. Hitung dengan cermat ukuran luas ruangan yang akan dipasang plafon agar pembelian bahan baku sesuai dengan kebutuhan.
  3. Awasi titik persambungan antar GRC Board yang biasanya mudah retak, bila perlu lakukan pelapisan berulang-ulang agar tidak mudah retak sewaktu terjadi pemuaian atau penyusutan.
  4. Pastikan atap rumah tidak bocor. Meskipun GRC Board tahan air akan tetapi jika terus-menerus tertimpa bocoran hujan akan menjadi jamur yang dapat merubah warna.

 

GRC Board Solusi Hemat Untuk Plafon – Lentera Rumah

 

Related Post

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *