Papan Fiber Semen Pengganti Papan Kayu


Penggunaan papan kayu (wood plank) untuk bagian eksterior rumah seperti plang atap, penutup dinding, dan sebagainya, masih menjadi trend di masyarakat. Namun seiring langkanya kayu yang berkualitas yang akhirnya membuat harga kayu semakin melambung tinggi, membuat beberapa produsen bahan bangunan menciptakan papan kayu (wood plank) dari fiber semen sebagai alternatif pengganti.

Papan fiber semen saat ini bisa menjadi solusi untuk mengganti papan kayu untuk diaplikasikan pada bangunan mengingat kayu yang berkualitas untuk dijadikan papan sudah semakin sulit didapat dan jika pun ada, relatif mahal harganya. Selain itu, penggunaan material kayu di luar ruangan sering memiliki masalah dengan iklim tropis Indonesia yang memiliki kelembaban tinggi sehingga menyebabkan pelapukan lebih cepat.

papan-kayu

Wood Plank Fiber Semen

 

Material papan (plank) dari fiber dan semen semakin digemari masyarakat sebagai produk pengganti papan kayu karena murah, indah, awet, dan tentu saja anti rayap. Apalagi papan fiber semen tahan terhadap cuaca sehingga cocok diaplikasikan pada bagian luar bangunan seperti list plank penahan ujung genteng, pagar, external cladding dan lain sebagainya.

Selain itu, papan Fiber Semen juga dapat menambah estetika jika diaplikasikan sebagai secondary skin pada fasad karena banyak pilihan motif yang ada. Keinginan untuk memiliki dekorasi cantik pada desain eksterior maupun interior rumah tentu saja harus dibarengi dengan pemilihan materialnya.

Pemilihan Papan Fiber Semen Pengganti Papan Kayu bisa jadi pilihan yang tepat karena keindahan tekstur kayu sebagai dekorasi cantik sudah terwakili dengan bagus. Selain itu, kekuatan dari material dekorasi ini dapat tahan lama serta mudah dalam hal perawatan dan ujung-ujungnya dapat menghemat biaya untuk sebuah dekorasi rumah.

Keuntungan Menggunakan Woodplank dari Fiber Semen

Woodplank fiber semen adalah papan yang terbuat dari semen dengan serat fiber sebagai tulang rangka. Keuntungan dari penggunaan ini antara lain:

  • Bermotif kayu sehingga kesan alami masih tampak dalam bangunan.
  • Lebih kuat daripada kayu
  • Tahan air dan api karena menggunakan bahan dasar semen
  • Tidak mengandung asbes
  • Tidak menyerap kelembaban sehingga awet dan tahan lama.
  • Tidak mudah melengkung karena pemuaian atau penyusutan relatif sangat kecil
  • Mudah pemasangannya baik untuk rangka kayu atau metal
  • Banyak variasi warna dan motif

 

Papan Fiber Semen Pengganti Papan Kayu – Lentera Rumah

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *