Memilih Furniture Untuk Rumah Minimalis


Memilih furniture untuk rumah perlu mempertimbangkan beberapa kondisi dan situasi rumah, terutama untuk rumah minimalis pada perumahan di kota-kota besar karena keterbatasan lahan juga faktor ekonomis. Oleh karena itu konsep membuat rumah minimalis semakin menjadi tren pada saat ini dan sangat diminati oleh masyarakat terutama bagi kalangan menengah ke bawah.

Tipe rumah yang minimalis dalam artian karena keterbatasan lahan, selayaknya memperhatikan juga dalam pemilihan perabotan yang akan digunakan. Minimalkan juga untuk memilih furniture yang sesuai dengan kondisi interiornya. Dengan kata lain rumah minimalis furnitur-nya juga minimalis.

Memilih Furniture Untuk Rumah Minimalis

Ada beberapa furniture yang perlu mendapat perhatian penting jika memiliki rumah minimalis yaitu tempat tidur, almari dan kursi tamu. Furniture tersebut menjadi penyebab rumah minimalis menjadi kurang menarik atau kurang fungsional jika memilihnya kurang tepat.

Berikut beberapa furniture penting yang perlu pertimbangan jika digunakan pada rumah minimalis.

Tempat tidur

Tempat tidur adalah tempat untuk beristirahat untuk memulihkan kembali stamina setelah seharian beraktivitas. Dengan demikian furniture ini merupakan hal yang sangat penting dan harus dimiliki.

Umumnya kamar tidur pada rumah minimalis berukuran tidak begitu luas, oleh sebab itu sebaiknya tempat tidur haruslah berbentuk minimalis juga. Hindari penggunaan tempat tidur yang berukuran besar sehingga tidak ada tempat lagi untuk meletakkan almari atau perabotan lainnya. Jika kamar tidur dipenuhi hanya oleh tempat tidur saja dan tidak menyisakan ruang gerak lainnya. Kamar tidur menjadi sesak yang bisa mengakibatkan istirahat kurang maksimal.

Lemari Pakaian

Masih berkaitan dengan ruang tidur. Rata-rata lemari pakaian ditempatkan di dalam kamar tidur agar supaya mudah untuk berganti pakaian atau untuk privasi. Untuk itu perlu dipertimbangkan ukuran lemari yang akan digunakan yang sesuai dengan luas kamar tidur, mengingat ada tempat tidur yang menjadi furniture utama.

Pertimbangkan juga jarak lemari dengan furniture lainnya seperti tempat tidur, meja dan lain sebagainya. Juga bukaan pintu maupun laci almari agar bisa maksimal saat mengeluarkan atau memasukkan isinya. Almari pesanan akan lebih efektif untuk rumah minimalis karena dapat disesuaikan ukuran maupun bentuk dan fungsinya.

Kursi Tamu

Kursi tamu menjadi kesan pertama saat masuk ke dalam rumah minimalis. Jika memaksa menggunakan kursi tamu yang memiliki ukuran cukup besar akan mengakibatkan ruang tamu menjadi penuh. Dengan demikian ruangan terkesan akan menjadi lebih sempit lagi serta ruang gerak aktivitas lebih terbatas.

Gunakan kursi tamu secukupnya dengan ukuran minimal karena tidak setiap hari ada tamu banyak yang datang. Jika ada banyak tamu dapat mengambil dari ruangan lain. Atau memilih sofa dengan ukuran yang sesuai dengan luas ruangan, itu lebih cocok untuk rumah minimalis.

Memiliki rumah minimalis hendaknya diimbangi dengan perabotan yang minimalis juga, minimal untuk ketiga furniture di atas karena memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah rumah. Namun sebaiknya juga memilih furniture minimalis untuk ruang lainnya.

 

Furniture Untuk Rumah Minimalis – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *