Langit-langit Menurut Pandangan Feng Shui


Langit-langit atau plafon ruangan merupakan salah satu elemen yang mendapat perhatian dari feng shui karena memiliki pengaruh dari volume ruang. Menurut ilmu feng shui sebaiknya ketinggian langit-langit proporsional terhadap luas ruang serta sesuai dengan fungsi ruang.

Langit-langit Menurut Pandangan Feng Shui

Langit-langit yang rendah akan memberikan efek rasa tertekan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Sebaliknya, langit-langit yang tinggi akan memberikan kesan ruang yang skala manusianya menjadi kecil Namun hal ini tidak berarti bahwa plafon yang terlalu tinggi kemudian menjadi jelek.

Bisa saja fungsi ruang tersebut membutuhkan plafon yang tinggi agar kesan ruang berwibawa atau megah, maka tentu ketinggian tersebut perlu diterapkan.

Belakangan ini tren ketinggian langit-langit pada perencanaan rumah tinggal semakin tinggi. Tidak jarang ketinggian mencapai empat atau lima meter dari lantai. Secara teori bangunan ini sangat baik terutama untuk iklim Indonesia yang tropis sehingga ruangan akan menjadi lebih sejuk.

Akan tetapi pada kondisi tertentu mengakibatkan pemakaian energi semakin besar, misalnya jika memasang AC atau lampu akan menjadi lebih besar. Menurut kaidah feng shui, langit-langit yang tinggi tidak menjadi masalah apabila kesan ruang yang terjadi tetap proporsional.

Baca Juga:  Rumah Kaca Danau Lugano

Menurut kanalpengetahuan.com Ilmu Feng Shui pada dasarnya adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia agar dapat hidup selaras dengan alam lingkungan sekitarnya. Feng shui merupakan ilmu bumi, astrologi, topografi, geomancy kuno yang berasal dari Tiongkok (Cina) yang telah digunakan sejak 4.700 tahun yang lalu.

Bentuk ornamen langit-langit juga harus sesuai dengan fungsi ruang. Ruang pada area publik boleh didesain dengan banyak elevasi, bentuk dan warna. Namun pada ruang privasi seperti kamar tidur disarankan menggunakan desain sederhana dan tidak membuat permainan elevasi yang dapat menimbulkan sudut tajam yang mengarah ke tempat tidur.

Pada plafon tentunya akan berkaitan dengan perencanaan titik lampu. Konsep penerangan yang diterapkan perlu dipertimbangkan dengan bak sehingga ambience yang ingin dicapai dapat terealisasi. Pada ruang tamu dapat diletakkan jenis lampu yang sesuai dengan gaya arsitektur bangunan begitu juga dengan ruang keluarga dan ruang makan.

Selain itu adalah permainan warna pada langit-langit perlu pengaturan agar tercapai keharmonisan desain terhadap keseluruhan desain ruang. Nuansa ruang yang selaras dengan feng shui perlu dihitung berdasarkan arah orientasi bangunan dan komposisi qi yang ada pada ruang tersebut.

Baca Juga:  Bangun Rumah Seni Tujuh Lantai Seorang Diri

Qi adalah sebuah kekuatan alam yang bersifat positif dan negatif dan memerankan peran penting atas kualitas feng shui suatu tempat. Menurut feng shui, Qi mengacu pada energi dan kekuatan yang hidup.

Dengan demikian penghuni ruang tersebut dapat menikmati qi yang mendukung aktivitas si penghuni sehingga dapat menjalankan hidupnya dengan lebih optimal.

 

Langit-langit Menurut Pandangan Feng Shui

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *