Ruang Makan Menurut Feng Shui


Feng Shui merupakan ilmu yang berasal dari Tiongkok (Cina) untuk mempelajari bagaiman agar manusia dapat hidup selaras dengan alam lingkungan sekitarnya, termasuk untuk urusan tempat tinggal. Menurut ilmu Feng Shui atau Hong Shui, ruang makan termasuk jantung dari sebuah rumah tempat tinggal karena merupakan salah satu tempat untuk berkumpul anggota keluarga. Untuk itu, penataan ruang makan harus diusahakan agar sesuai dengan kaidah ilmu Feng shui yang ada, agar aliran energi positif mengalir dari dan ke ruangan tersebut.

Ruang Makan Menurut Feng Shui

 

Bagaimana sebaiknya ruang makan menurut Feng Shui?

Sebagian orang meyakini bahwa energi positif akan mendatangkan hal yang positif sehingga penataan ruang makan dibuat sedemikian rupa berdasarkan ilmu feng sui. Ada beberapa aturan mengenai tata letak ruang makan menurut Feng Shui, yang dipercaya dapat memberikan harmonisasi kestabilan energi positif dalam ruangan tersebut.

Ruang makan pada umumnya berada di posisi antara dapur dan ruang keluarga. Namun, karena fungsi dari ruang makan sebagai tempat mendapatkan sumber energi bagi seluruh penghuninya, maka sebaiknya tidak terlalu banyak energi luar yang masuk ke dalam ruangan tersebut.

Yang perlu diperhatikan untuk ruang makan

Posisi ruang makan tidak dekat dengan pintu utama atau ruang tamu. Gunakan tirai atau pembatas lainnya agar ruang makan tidak sampai terlihat dari ruang tamu.

Posisi lantai ruang makan lebih tinggi dibandingkan ruangan-ruangan lain.

Posisi ruang makan tidak dekat dengan kamar mandi. Energi dari kamar mandi menurut Feng Shui tidak baik dan kurang sehat terutama jika dinding saling bersebelahan.

Terdapat jendela untuk sirkulasi udara, namun jangan menempatkan dua jendela saling berhadapan, karena akan memunculkan energi dari luar yang berlebih.

Menurut Feng Shui letak meja di ruang makan memiliki pengaruh energi. Agar tidak terjadi energi chi yang berlebihan, sebaiknya diusahakan penempatan meja makan tidak menghadap langsung dengan pintu manapun.

Bentuk meja makan yang disarankan Feng shui adalah bulat perlambang keharmonisan atau persegi dengan ujung-ujungnya tidak tajam, perlambang keberuntungan.

Pastikan ukuran meja makan yang sesuai dengan luas ruang makan dan dapat menggunakan warna-warna seperti, hijau, orange, atau kuning yang dapat menggugah selera makan.

Ruang makan harus terjaga kebersihannya, karena merupakan salah satu kunci untuk menghidangkan makanan sehat.

 

Ruang Makan Menurut Feng Shui – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *