Ide Penataan Ruang Transisi Di Rumah


Pada beberapa desain rumah dijumpai adanya space antar ruang yang disebut ruang antara atau ruang transisi. Ruang transisi bisa jadi hanya sebagai ruang sirkulasi yang menghubungkan dua ruangan berbeda, namun ada beberapa ide untuk menambah fungsi tambahan pada ruang transisi.

Ruang Transisi

Beberapa Ide Penataan Ruang Transisi Di Rumah

Mungkin berbeda dengan kondisi rumah Anda, namun beberapa ide berikut ini setidaknya dapat menjadi ide kreatif ruang transisi di rumah Anda.

Ruang transisi sebagai ruang tamu

Teras merupakan ruang transisi antara ruang luar dan ruang dalam rumah. Selain itu, di beberapa rumah terdapat foyer dalam antara teras dengan ruang tamu khusus atau ruang keluarga.

Untuk menyulap teras maupun foyer dalam menjadi ruang tamu atau ruang santai keluarga untuk sementara atau permanen perlu menambahkan furniture set kursi sederhana seperti kursi rotan atau kayu yang dilengkapi meja pendek.

Ruang transisi sebagai galeri seni

Konteks galeri seni di sini adalah ruang pajang untuk berbagai karya seni seperti foto, lukisan, patung dan lain sebagainya. Ruang transisi yang dapat digunakan untuk galeri seni foyer, ruang sirkulasi antar ruang, sekitar tangga.

Pemajangan karya seni tersebut dapat dilakukan dengan meletakkan obyek pada lantai, menggantungkan pada dinding atau plafon. Jika perlu tambahkan meja konsol di area tersebut. Keberadaan benda-benda seni tersebut akan menambah estetika rumah dan akan mengundang siapa saja yang lewat untuk menikmati karya seni tersebut.

Ruang transisi sebagai perpustakaan

Perpustakaan pribadi di rumah tidak harus berada pada ruangan tersendiri. Anda dapat memanfaatkan rang transisi di sekitar tangga maupun  sirkulasi antar ruang dengan menambah rak buku sebagai tempat buku-buku yang dimiliki.

Anda bisa menambah satu atau dua kursi santai rendah yang nyaman untuk membaca. Punggung buku yang berjajar rapi dengan warna-warni akan menambah keindahan dan keunikan tersendiri. Bila perlu pajang benda seni atau pernak pernik uni sebagai aksesoris rak buku.

Ruang transisi sebagai tempat bermain musik

Jika ada anggota keluarga ada yang gemar main musik, ruang transisi bisa dimanfaatkan untuk menempatkan piano, gitar, biola atau alat musik lain di ruang tersebut.

Selain akan menambah estetika dan keunikan tersendiri di dalam rumah, ruang tersebut dapat dipakai untuk memainkan alat musik tersebut. Lokasi yang paling bagus antara ruang tamu dan ruang keluarga.

 

Ide Penataan Ruang Transisi

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *