Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kayu


Dahulu, kayu merupakan material utama dalam membangun sebuah rumah, meskipun saat ini, mungkin ada anggapan dari sebagian orang bahwa rumah dari kayu adalah cerminan kondisi ekonomi seseorang yang tidak mampu untuk membangun sebuah rumah dari bata atau beton karena membutuhkan biaya besar. Namun, anggapan tersebut bisa salah karena membangun rumah kayu saat ini bisa membutuhkan biaya yang sangat besar karena sesuatu hal seperti langkanya kayu, nilai seni dan artistik atau kerumitannya.

kelebihan kekurangan rumah kayu

Keberadaan rumah-rumah kayu di zaman modern saat ini dianggap langka dan memiliki nilai artistik yang tinggi, sehingga mulai bermunculan rumah kayu yang dibangun sebagai rumah ideal dengan desain modern tanpa meninggalkan kesan naturalnya. Tertarik untuk membangun rumah kayu?

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kayu

 

Jika berniat membangun rumah dari material kayu, perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan rumah kayu sebagai pertimbangan. Apalagi saat ini banyak produsen rumah kayu menggunakan sistem modern yang siap menerima pesanan sesuai kebutuhan. Simak ulasan berikut ini.

Kelebihan Rumah Kayu

Memberikan Tampilan Beda

Tidak banyak rumah kayu di zaman sekarang, bahkan di desa sekalipun. Banyak orang membangun rumah tembok mengikuti perkembangan waktu sehingga keberadaan rumah kayu akan memberikan tampilan beda dengan sekitarnya. Apalagi rumah kayu dirancang dengan konsep modern sehingga memiliki daya tarik bagi yang melihat dan penghuninya.

Memiliki Nilai Seni Dan Artistik

Salah satu kelebihan rumah kayu adalah kayu memiliki tekstur serat beragam yang sangat menarik. Bahkan tidak jarang banyak material yang membuat tiruan. Dinding dari kayu alami mampu memancarkan keunikan yang tidak bisa diberikan material lain. Apalagi kayu telah diproses dengan berbagai macam seperti diukir, dipoles, akan semakin menambah artistik rumah kayu. Terlebih, kini kayu tersedia dalam berbagai variasi tekstur dan warna. Anda dapat melakukan pemilihan sesuai dengan desain rumah yang ingin Anda bangun.

Kemampuan Menyesuaikan Lingkungan

Kayu memiliki kemampuan untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya sehingga material kayu dapat dibuat rumah sesuai desain yang dikehendaki. Mau bentuk rumah bergaya modern atau tradisional, kayu dapat memenuhi keinginan tersebut. Apalagi kayu dapat digunakan untuk lantai, furniture atau bagian rumah lainnya. Bahkan bak kamar mandi pun dapat terbuat dari kayu. Selain itu kelebihan rumah kayu saat direnovasi cenderung lebih mudah dilakukan.

Memberikan Nuansa Alami Dan Sejuk

Ketika orang melihat sebuah rumah kayu, umumnya memiliki kesan alami atau natural dan sejuk, apa pun itu bentuknya. Hal ini disebabkan kayu adalah material alam sehingga rumah seperti menyatu dengan alam. Selain itu, ketebalan dinding kayu yang relatif tipis dan berpori dibandingkan dengan dinding tembok bata atau beton maka suhu ruangan akan terasa lebih sejuk.

Memiliki Harga Jual Tinggi

Kelebihan rumah kayu yang lain adalah dapat menjadi sebuah investasi. Mengingat keberadaan kayu yang semakin langka dan saat ini banyak rumah kayu dengan sistem bongkar pasang, maka harga jual rumah kayu dapat semakin meningkat asalkan diolah dan dirawat dengan benar. Apalagi trean rumah hijau green house sedang berkembang sehingga nilai kayu dapat terangkat.

Kekurangan Rumah Kayu

Harga Kayu Relatif Mahal

Untuk membuat rumah kayu yang bagus tentu membutuhkan kayu yang berkualitas seperti kayu ulin, jati, bangkirai, nyatoh dan sebagainya. Keberadaan kayu-kayu berkualitas tersebut sudah mulai berkurang sehingga harga kayu cenderung semakin mahal. Estimasi biaya yang dibutuhkan bisa lebih beras daripada rumah beton.

Proses Kerja Relatif Rumit

Kalau hanya sekedar berdiri, hampir semua orang dapat membuat rumah kayu dengan cepat. Namun rumah kayu yang bagus baik itu penampilan dan kualitas memerlukan proses yang lebih rumit. Kekurangan rumah kayu adalah konstruksi dan desain bangunan yang lebih rumit daripada rumah biasa. Tidak semua tukang kayu dapat membuat perhitungan konstruksi rumah yang kuat, dibutuhkan ahli bangunan atau arsitek bangunan yang mengerti tentang kayu. Keakuratan dan presisi sambungan kayu harus dilakukan dengan tepat dan cermat agar rumah dapat berdiri dengan kokoh.

Risiko Terhadap Kebakaran

Kayu merupakan salah satu material yang rentan terhadap api, sehingga kekurangan rumah kayu yang paling berisiko adalah bahaya kebakaran. Untuk dapat meminimalkan ancaman kebakaran adalah dengan memilih jenis kayu yang relatif lebih tahan terhadap api pada bagian rumah yang sering berhubungan dengan api. Selain itu, dalam merancang desain rumah, area dapur lebih mendapat perhatian.

Resiko Terhadap Alam dan Rayap

Kondisi alam berpengaruh besar terhadap rumah kayu. Jika kayu terkena hujan dan panas secara terus menerus, sifat kekuatan kayu akan berkurang yang bisa menyebabkan kondisi kayu akan menjadi lapuk. Selain itu, serangga rayap adalah musuh utama kayu, terutama jenis kayu berkualitas rendah yang sangat rentan terhadap serangan rayap. Keberadaan  rayap menjadi kekurangan rumah kayu. Untuk itu, sebaiknya memilih jenis-jenis kayu tertentu yang disesuaikan dengan fungsinya dalam rumah kayu.

Apapun keputusan untuk membuat rumah tergantung pada Anda. Semoga artikel kelebihan dan kekurangan rumah kayu ini dapat membantu dalam melakukan pertimbangan untuk membangun tempat hunian yang ideal.

 

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Kayu – Lentera Rumah

.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *