Pesona Ruangan Dengan Lantai Batu Alam


Batu alam semakin trend untuk membuat rumah maupun bangunan lebih tampak mempesona. Salah satunya dengan menggunakannya pada lantai ruangan. Lantai batu alam yang halus mengkilap dengan motif dan warna mineral yang alami akan menambah keanggunan yang mempesona pada sebuah ruangan rumah, kantor maupun pusat perbelanjaan.

Batu alam sebagai lantai sebuah bangunan sudah ada dari jaman dahulu, bahkan sebagai material dinding sudah digunakanĀ  jauh sebelum teknologi beton dan batu bata ada. Namun terdapat perbedaan penggunaan batu alam untuk dinding dan lantai. Batu alam yang digunakan sebagai lantai, berjenis batu keras yang didasarkan pada kekuatan dan tingkat porositas batuan yang telah berusia lebih tua.

Pesona Ruangan Dengan Lantai Batu Alam

Pesona Ruangan Dengan Lantai Batu Alam

 

Ada empat jenis batuan keras yang paling populer digunakan sebagai interior lantai. Batu alam yang dapat menambah keanggunan dan menakjubkan lantai ini adalah batu marmer, granit, travertine atau limestone.

Marmer

Marmer merupakan jenis batuan keras yang terbentuk dari dolomit atau batu kapur. Marmer memiliki warna putih dengan pola yang tersusun oleh mineral kalsit dan unsur-unsur kimia lain dalam batu. Lantai yang menggunakan batu alam marmer cukup rumit dalam pengaplikasiannya dan banyak digunakan pada bangunan komersial seperti hotel, perkantoran atau pusat perbelanjaan.

Granit

Granit adalah jenis batuan keras intrusive yaitu batuan beku yang berasal dari sebuah lelehan magma telah menjadi kristal di permukaan bumi. Umumnya batu granit sangat besar, keras dan kuat, oleh karena itu banyak digunakan sebagai material lantai dengan bidang luas yang dapat memberikan kesan mewah kontemporer. Granit sangat cocok sebagai konsep dapur modern yang terkesan sangat indah dan elite.

Travertine

Travertine merupakan batuan yang terbentuk oleh batu kapur yang didepositkan oleh mata air panas yang banyak mengandung mineral. Batu alam travertine yang memiliki serat atau pola aneka warna seperti putih, cokelat dan krem, menjadikan batu ini sebagai material bangunan yang mempesona. Beberapa tahun belakangan ini batu alam travertine sangat populer untuk lantai dapur dan kamar mandi.

Limestone

Limestone atau yang lebih dikenal dengan batu kapur merupakan batuan keras yang paling lembut. Batu alam yang terbentuk dari kerang, fosil ikan purba, karang dan kalsium yang mengendap di dasar laut telah mendapat tekanan dan panas bumi selama jutaan tahun yang akhirnya membentuk batuan kapur bahkan marmer. Batu limestone memiliki aneka warna seperti biru, hijau, abu-abu, beiges, krem dan cokelat gelap, sebaiknya tidak digunakan pada lantai yang terlalu banyak aktivitas di atasnya. Sangat populer untuk area kamar mandi.

Material lantai dari batu alam berkualitas bukan hanya sekedar memiliki nilai estetika namun memiliki nilai properti tinggi yang dapat menjadikan sebuah nilai investasi menarik bagi pemiliknya.

 

Pesona Ruangan Dengan Lantai Batu Alam – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *