Keuntungan dan Kerugian Memilih Rumah Sudut


Rumah sudut (hook) adalah rumah yang terletak di lokasi lahan yang berada di persimpangan antara dua jalan (sudut T) sehingga memiliki dua sisi halaman depan sehingga bisa dipilih halaman rumah dan arah hadap rumah yang disesuaikan dengan keinginan penghuni. Namun, terkadang rumah sudut memiliki luas sisi panjang dan lebar yang tidak sama.

Rumah sudut di perumahan dicari orang dengan alasan yang paling banyak adalah mempunyai dua sisi muka halaman, sehingga bila ditata dengan baik dan indah akan menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, biasanya rumah sudut memiliki lahan yang lebih luas. Namun, ada juga orang yang menghindari membeli rumah sudut dengan alasan fengshui kurang bagus dan harga rumah sudut biasanya lebih mahal.

Rumah Sudut

Keuntungan Memilih Rumah Sudut

Ada beberapa keuntungan memilih rumah sudut, berikut alasannya:

Rumah sudut di perumahan memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan posisi yang lain. Biasanya, banyak pengembang hanya menjual lahan kosong karena pemilik bisa mengembangkan bangunan yang sesuai dengan desain yang dikehendaki. Rumah sudut memiliki dua sisi halaman, tinggal bagaimana yang akan menjadi halaman utama.

Rumah sudut memungkinkan arsitek bangunan mendesain dengan leluasa sesuai permintaan pemiliknya untuk memilih dua sisi yang saling tampak yang nantinya sebagai tampak depan dan tampak samping. Oleh karena itu pengembang lebih banyak membiarkan sebagai lahan kosong daripada mendirikan bangunan siap huni yang bisa saja kurang sesuai dengan selera pembeli.

Keuntungan memiliki rumah sudut adalah luas lahan lebih luas daripada posisi yang lain. Jika pun sudah terdapat bangunan, ukuran rumah bisa saja dengan di lingkungan atau cluster tersebut, namun rumah hook akan mendapatkan kelebihan tanah karena ada garis sempadan bangunan.

Pada kawasan perumahan, memiliki rumah sudut yang berada pada pojok kapling memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Rumah sudut yang memiliki dua sisi muka yang artinya terdapat dua pintu sebagai akses masuk rumah. Dengan adanya hal ini, maka penampilan rumah dapat dibuat dua fasade yang dinamis dan variatif. Kebebasan mengekspresikan penampilan rumah lebih terbuka lebar. Mungkin sisi satu menampilkan gaya minimalis sedangkan sisi lain eksteriornya menerapkan gaya klasik. Akhirnya bisa menciptakan rumah yang unik, menarik sekaligus nyaman.

Jika dipandang dari segi fungsi, rumah sudut atau rumah pojok yang memiliki dua fasade lebih optimal dalam mendapatkan sirkulasi udara maupun pencahayaan alami. Bukaan yang lebar dapat mengikuti arah cahaya matahari untuk bagian mana yang perlu dihindari maupun dibutuhkan.

Kerugian Memilih Rumah Sudut

Sebagian orang menganggap membeli rumah sudut itu rugi. Berikut alasannya:

Memilih rumah sudut (yang biasanya luas) akan terpotong oleh garis sempadan bangunan (GSB) yang telah dikeluarkan oleh pemerintah untuk luas kapling sudut yaitu setengah lebar dari lebar jalan di depan dan samping rumah.

Memiliki rumah sudut tentu saja harus mengeluarkan dana yang lebih besar lagi daripada rumah yang ada di lokasi lain, meskipun memiliki nilai jual yang lebih tinggi juga jika suatu saat akan dijual kembali.

Menurut, perhitungan Feng Shui kavling rumah sudut kurang baik karena ada tempat di sudut rumah yang gelap, apalagi jika sudut ruangan ini terhalang oleh tembok interior. Selain itu. banyak anggapan bahwa rumah sudut dapat menyebabkan karier penghuninya tidak lancar, mengundang keributan dalam rumah tangga, dll.

Keputusan di tangan Anda jika akan membeli rumah di perumahan. Berbeda jika sudah memiliki rumah sudut karena warisan.

 

Untung dan Rugi Memilih Rumah Sudut – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *