Penataan Ruang Kantor dengan Penerapan 5R


Salah satu faktor yang dapat membuat karyawan merasa betah ketika harus berlama-lama berada di ruang kerja adalah dengan memiliki lingkungan kantor yang nyaman, resik, dengan penataan yang rapi. Hal ini merupakan idaman setiap karyawan yang merupakan bagian dari perusahaan karena ini dapat meningkatkan dan sekaligus sangat berperan dalam mendongkrak produktivitas dan kinerja.

PT Pindad (Persero), sebuah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia, sudah sejak lama memiliki budaya perusahaan yang dikenal dengan sebutan 5 R singkatan dari Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin. Budaya kerja 5R, termasuk urusan penataan ruang kantor, memiliki kekuatan perubahan dan bersifat menular, artinya ; begitu 5R menjadi budaya, maka pelan-pelan kinerja perusahaan juga ikut meningkat.

Penataan Ruang Kantor

 

Penataan Ruang Kantor Berkonsep 5R

Banyak perusahaan yang menerapkan metode 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) terbukti mampu melakukan transformasi dan kinerja bisnisnya meningkat secara signifikan.

Berikut konsep Penataan Ruang Kantor dengan Penerapan 5R dan bagaimana cara menerapkannya.

1. Ringkas

Ringkas merupakan kegiatan memilah segala barang yang benar-benar diperlukan dan kemudian menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja.

2. Rapi

Rapi adalah kegiatan menata tata letak peralatan/perlengkapan kerja dengan rapi sehingga memudahkan untuk mencari, menemukan, serta mengembalikan.

3. Resik

Resik (bersih) merupakan kegiatan bersih-bersih tempat kerja, mesin, perlengkapan dan peralatan kerja. Kalau pekerjaan Anda melibatkan banyak peralatan kerja dan mesin.

4. Rawat

Rawat merupakan kegiatan memelihara fasilitas tempat kerja, serta peralatan kerja secara teratur. Membangun itu mudah, namun merawat dengan penuh ketekunan ini yang amat kurang.

5. Rajin

Rajin artinya bagaimana keempat elemen tersebut dilakukan secara konsisten, dan bisa menjadi sebuah kebiasaan disiplin kerja yang kokoh. Elemen diatas hanya akan bisa berjalan, jika elemen disiplin ini dijalani dengan penuh ketekunan.

Pengaturan dan penataan ruang kantor sebaiknya dibuat se efisien mungkin untuk letak perlengkapan dan perabot kantor di dalam ruang dan lantai kerja yang tersedia. Hal ini untuk menjamin adanya tempat dan keleluasaan kerja yang sebaik-baiknya bagi setiap karyawan. Masalah efisiensi pemanfaatan ruang dan lantai tempat kerja tersebut tidak dapat dipisahkan dari letak susunan ruangan atau unit kerja lainnya dari seluruh bagian.

 

Penataan Ruang Kantor dengan Penerapan 5R – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *