Sewa Container Reefer adalah Keputusan Hemat

Sewa Container Reefer

Sewa container reefer cukup populer dilakukan oleh pemilik bisnis. Sebab, kontainer merupakan ruang penyimpanan yang aman ketika dipakai dalam mengirimkan produk kepada mitra bisnis maupun konsumen.


Keamanan sebuah kontainer telah diakui secara internasional. Jadi, ketika berurusan dengan kegiatan ekspor, dapat memanfaatkan penyimpanan tersebut. Ada jaminan produk akan sampai ke tujuan dengan selamat.

Container sebenarnya mempunyai beberapa jenis. Kebanyakan difungsikan sebagai media penyimpanan produk. Kemudian ada juga yang bisa dipakai sebagai kantor atau ruang kerja portabel.

Keuntungan dari Sewa Container Reefer

Saat mempunyai keperluan untuk menggunakan sebuah kontainer, ada dua pilihan yang dapat diambil. Pertama adalah membeli dan kedua ialah menyewa. Apabila dibandingkan, menyewa memberikan lebih banyak keuntungan seperti berikut.

1. Mengenai Kas

Mari membahas biaya sewa container reefer. Pembayarannya hanya satu kali. Lantas, dapat memakainya dengan jangka waktu tertentu berdasarkan perjanjian kesepatan bersama pihak penyedia sewa.

Besaran biaya sewa ini tergolong lebih murah daripada harus membeli, terutama apabila ukurannya cukup besar seperti 40 feet atau 45 feet. Mungkin banyak yang berpikir bahwa membeli lebih baik sebab dapat bertahan dalam waktu lama.

Padahal, pandangan tersebut salah. Mungkin setelah tiga tahun penggunaan akan mulai mengalami penurunan fungsi atau gangguan tertentu. Jika memilih membeli, nantinya harus memikirkan biaya perbaikan yang tidak murah.

Sehingga, jauh lebih hemat untuk sewa container reefer yang hanya memerlukan biaya dimuka. Tidak perlu ada biaya perbaikan di kemudian hari. Arus kas perusahaan menjadi lebih sederhana.

2. Menghilangkan Kewajiban dan Biaya Perawatan

Ketika mempunyai aset atau inventaris perusahaan, maka wajib untuk melakukan perawatan dan menyediakan dana yang cukup. Misalnya saja membeli kontainer, maka harus memikirkan semua biaya perawatan.

Terlalu banyak biaya perawatan untuk sebuah kontainer. Mulai dari pengecatan, pembersihan, perbaikan pintu, dan lain sebagainya. Perawatan juga harus dilakukan secara rutin bukan hanya satu kali.

Sedangkan apabila memilih sewa container reefer, cukup menyediakan biaya perbaikan jika tanpa sengaja menimbulkan masalah tertentu. Apabila Anda mengembalikan kontainer dalam kondisi prima tanpa ada goresan maupun kerusakan maka tidak perlu membayar biaya.

Umumnya, pihak penyedia sewa akan bertanya pada Anda mengenai produk jenis apa yang akan dimasukkan ke dalam peti kemas. Sehingga bisa memperkirakan kerusakan apa yang mungkin timbul dari produk tersebut.

Ketika Anda menghitung biaya perawatan yang mungkin timbul dari pembelian kontainer, pasti akan lebih besar. Terutama jika berkaitan dengan mesin pendingin yang terpasang.

3. Fleksibel

Sewa container reefer boleh dilakukan dengan fleksibel. Misalnya untuk jangka pendek atau panjang. Misalnya saja pada awal mula pembangunan bisnis Anda menyewa kontainer dengan ukuran 20 feet.

Setelah beberapa tahun bisnis Anda berkembang pesat dan memerlukan kontainer dengan ukuran 40 feet. Anda cukup mengembalikan kontainer sebelumnya sesuai tanggal yang ditentukan lantas beralih menyewa ukuran 40 feet.

Keputusan semacam ini terbilang cukup praktis. Bayangkan jika sudah membeli ukuran 20 feet, lantas harus ganti dengan ukuran 40 feet padahal kontainer masih dalam keadaan prima. Pasti akan lebih sulit untuk menemukan solusi masalah tersebut.

4. Biaya Murah untuk Jangka Panjang maupun Pendek

Membeli sebuah kontainer terbilang mahal bahkan termasuk biaya perawatannya. Sementara menyewa akan membutuhkan sedikit biaya tanpa ada biaya tambahan lainnya. Biaya sewa juga tergolong murah, baik untuk jangka panjang maupun pendek.

Anda bisa mengurangi biaya pengeluaran bisnis. Lantas, bisa memakai sisa dana untuk keperluan lain yang lebih penting sehingga bisnis berjalan dengan baik. Terutama ketika suatu saat membutuhkan ukuran kontainer yang berbeda dalam pengiriman produk.

Ketika memutuskan membeli kontainer, dalam beberapa tahun ke depan akan mengalami depresiasi. Biaya perawatan dan perbaikan mungkin juga akan membebani keuangan perusahaan. Jadi dapat disimpulkan bahwa sewa container reefer jauh lebih baik.

 

Sewa Container Reefer adalah Keputusan Hemat

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.