Ingin Rumah Sehat, Perhatikan Ventilasi Udara


Siapa yang tidak ingin memiliki sebuah rumah yang sehat, nyaman dan asri? Rumah sehat harus memiliki beberapa kriteria seperti jauh dari sesak dan sumpek, udara segar mengalir terus, memiliki ruang terbuka yang luas dan lain sebagainya. Permasalahan yang sering dihadapi terutama pada lokasi urban adalah semakin sempitnya lahan serta tingginya harga menyebabkan rumah harus berhimpitan. Dengan demikian udara segar menjadi sangat terbatas.

Untuk menyiasati hal tersebut, ventilasi udara sangat diperlukan. Pengertian ventilasi udara dalam arsitektur adalah¬†¬†proses “mengubah” atau mengganti udara di sebuah ruang untuk memberikan kualitas udara dalam ruangan yang lebih baik. Ventilasi biasa disebut lubang angin, peranginan, peredaran hawa.

Ventilasi Udara Rumah Sehat

Dengan adanya ventilasi, udara segar akan dapat mengalir dengan lancar dari luar ke dalam ruangan dan dari dalam ruangan mengalir keluar. Perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar ruangan akan mengalir lewat ventilasi pada dinding satu menuju ventilasi pada bidang dinding yang lain, sehingga ruangan tidak terjebak pada kondisi pengap. Selain itu bisa menciptakan Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC

Ventilasi Udara Rumah Sehat

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, penempatan dan jumlah ventilasi udara harus diperhatikan, agar terbebas dari kesan pengap dan sumpek. Anda bisa memilih model dan material ventilasi berupa jendela, pintu, lubang kisi-kisi angin di tembok maupun exhaust fan di atap dengan menggunakan bahan dari kayu, logam, kaca, roster dan sebagainya.

Namun terkadang ruangan kurang mampu untuk membuat sirkulasi udara dengan lancar yang disebabkan oleh beberapa faktor, jika demikian dapat diatasi dengan menggunakan ventilasi metode aktif yaitu menggunakan exhaust fan yang diletakkan pada dinding atau bagian atap. Dengan adanya fan ini, akan memaksa udara pengap dalam ruangan segera keluar dan tergantikan oleh udara segar yang masuk lewat ventilasi.

Rumah dengan bukaan lebar yang cukup merupakan salah satu kriteria untuk menciptakan rumah sehat karena udara segar akan senantiasa masuk ke dalam ruangan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan bukaan tersebut agar dapat menciptakan kenyamanan dalam rumah.

Bukaan lebar sebaiknya memperhatikan posisi matahari.

  • Sinar matahari pada sore hari yang datang dari arah barat jika masuk terlalu berlebihan berpotensi meningkatkan suhu dalam ruangan.
  • Jika memungkinkan, hindari membuat kamar tidur berada di sisi barat yang akan menerima langsung sinar matahari sore hari.
  • Sebaliknya, untuk kamar mandi sangat cocok karena tingkat kelembaban lebih tinggi di ruangan tersebut.

 

Menciptakan Ventilasi Udara Untuk Rumah Sehat – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *