Ini Dia 7 Tips Menata Dapur Minimalis


Pengertian dapur secara umum adalah suatu area atau tempat untuk menyimpan, menyiapkan dan mengolah bahan makanan agar dapat disajikan dan dikonsumsi. Untuk itu, menata dapur diperlukan agar memberikan kesan bersih dan rapi sangat mudah.

Menata Dapur Minimalis

Tips Menata Dapur Minimalis

Pada artikel ini kami akan membagikan cara menata dapur minimalis menjadi lebih keren. Anda bisa mengubah suasana dapur tanpa harus melakukan perombakan total. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Manfaatkan Cahaya Alami

Anda bisa menggunakan sinar matahari sebagai cahaya utama. Memaksimalkan penggunaan cahaya alami untuk ruang dapur anda tentunya akan mengurangi penggunaan lampu dan berdampak besar pada pengurangan konsumsi listrik di siang hari, sehingga akan lebih hemat energi.

Warna plafon yang terang akan memantulkan cahaya terbaik dari lampu yang anda pasang. Pencahayaan memiliki dampak yang sama sekali berbeda pada ruangan manapun di rumah anda. Jika perlu, tambahkan tiga lampu gantung yang akan menerangi area kerja dapur. Penampilannya juga akan menjadi titik fokus dekoratif.

Baca Juga:  Menentukan Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal

2. Perhatikan Ketinggian Dinding

Ruang dapur membutuhkan banyak ruang penyimpanan untuk berbagai kebutuhan memasak sehari-hari. Dapur sempit tidak menjadi masalah karena anda bisa memanfaatkan ketinggian dinding.

Kelompokkan berdasarkan fungsi agar terlihat lebih tertata dan memudahkan anda untuk mencapai hal-hal yang anda butuhkan dengan cepat. Dapur sempit anda akan terasa lebih luas dan dapat menghemat ruang untuk penyimpanan.

3. Penyimpanan Mudah Dijangkau

Dapur sempit tidak menjadi masalah jika anda memanfaatkan fungsi ruang dengan maksimal. Dengan menggunakan penyimpanan barang yang terbuka dan mudah dijangkau, semua perlengkapan dapur, seperti sendok garpu, bahan makanan akan terlihat jelas dan memudahkan anda untuk menjangkaunya dengan mudah.

Namun, anda harus mengatur berdasarkan fungsi agar terlihat teratur.

4. Buat Nuansa Alami

Menata dapur minimalis juga bisa menakjubkan dengan sentuhan alami. Gunakan material alam pada dinding dan furnitur untuk memberikan kesan hangat. Maksimalkan juga bukaan berupa jendela atau pintu kaca yang dapat membiarkan cahaya alami masuk untuk menerangi ruang dapur.

Baca Juga:  Menghitung Angsuran Dan Bunga KPR

Penambahan tanaman hias juga bisa membuat suasana dapur anda terlihat lebih segar. Pilih tanaman yang cukup mudah perawatannya, pastikan menyiram secara teratur dan letakkan di dekat jendela karena masih membutuhkan sinar matahari langsung.

5. Buat Pola dan Warna

Jika anda adalah orang yang suka berekspresi, ciptakan dapur anda sebagai kanvas dengan bermain dengan pola dan warna yang menonjol. Gunakan berbagai pola unik pada pintu lemari yang akan menjadi ciri khas di dapur anda.

Tambahkan juga furnitur dan karpet dengan warna-warna cerah yang akan membuat dapur anda terlihat lebih hidup dan terasa personal.  Ini akan menjadikan dapur anda terlihat cantik.

Misalnya menambahkan elemen rustic akan memberikan kesan edgy seperti dapur modern. Anda bisa memilih ubin gaya Spanyol atau Maroko jika memungkinkan.

6. Tidak Mengganggu Aktivitas

Troli dapur juga bisa digunakan sebagai penyimpanan tambahan. Gunakan sebagai alternatif untuk menyimpan berbagai peralatan masak, peralatan makan, aksesoris meja makan, toples bahan makanan, bumbu, sayur dan buah yang tidak perlu disimpan di lemari es.

Baca Juga:  Sejuknya Ruang Keluarga Terbuka

7. Pajang Hiasan

Anda mungkin mengira dekorasi seperti lukisan dan foto hanya ada di ruang tamu. Padahal, dapur juga butuh sentuhan ini. Cara termudah adalah dengan menambahkan kreasi dari motif furnitur yang sudah anda miliki.

Cara kedua adalah dengan menggantung lukisan atau foto di salah satu sudut ruangan, atau memberikan penghijauan di sudut dapur. Itulah 7 tips menata dapur minimalis yang bisa langsung anda praktekkan, semoga bermanfaat. Ada juga bahasan tentang Desain Dapur Sederhana dan Inovatif

 

Tips Menata Dapur Minimalis

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *