Menentukan Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal


Menentukan ukuran ruangan untuk garasi mobil yang ideal ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya adalah luas lahan rumah dan dimensi mobil yang dimiliki. Mobil jenis MPV dengan 8 penumpang tentu saja membutuhkan ruangan yang cukup besar dibandingkan dengan jenis city car yang hanya menampung 5 penumpang. Selain itu, garasi mobil idealnya juga merupakan bagian ruangan dari bangunan sebuah rumah yang dipisahkan oleh dinding.

 

ukuran garasi ideal

image: beyondspace.co.uk

Garasi mobil memiliki fungsi sebagai tempat parkir kendaraan di rumah yang berfungsi juga untuk melindungi mobil dari panas dan hujan serta untuk keamanan pencurian. Oleh karena itu, ukuran ruangan garasi ideal disesuaikan dengan ukuran mobil ditambah dengan ruang gerak yang cukup lega. Lebih baik menyisakan ruangan yang luas daripada saat mobil berada dalam garasi, pintu mobil tidak dapat dibuka maupun pintu garasi tidak dapat ditutup.

Ukuran Garasi Mobil Yang Ideal

Saat ini, banyak kendaraan jenis city car yang dimiliki masyarakat Indonesia dengan memiliki rata­-rata ukuran lebih dinamis. Ukuran ruangan garasi dengan lebar 3 meter dan panjang 6 meter serta tinggi 2,5 meter sudah cukup untuk 1 mobil jenis city car serta menampung perlengkapan keperluan mobil, misalnya ban, peralatan bengkel dan sebagainya. Meskipun bisa ruangan dipersempit, namun kenyamanan dan keamanan akan dikorbankan. Tidak sedikit orang memanfaatkan garasi kendaraan untuk menyimpan perkakas yang tidak berkaitan dengan mobil.

Sebagai gambaran, menentukan ukuran garasi mobil yang ideal dapat dibuat pada rumah yang memiliki lahan minimal 90 m2 dan bangunan berukuran minimal 54 m2. Lahan dan bangunan di bawah ukuran tersebut hampir dipastikan nantinya akan mengorbankan kenyamanan garasi serta ruangan lain pada rumah.

Sebagai contoh mobil Toyota Avanza memiliki dimensi panjang  4,12 m, lebar  1,63 m dan tinggi 1,695 m ukuran ruangan garasi yang ideal adalah minimal Panjang 5 m, lebar 2 m dan tinggi 2,75 m

Mobil Kijang Inova, memiliki ukuran panjang 4,58 m, lebar 1,77 m dan tinggi 1,745 m jika membuat garasi ideal di rumah rumah membutuhkan ruangan minimal dengan ukuran panjang 6 m, lebar 2,5 m dan tinggi 2,75 m.

Semoga artikel di atas dapat sebagai gambaran untuk menentukan ukuran garasi mobil yang ideal di rumah Anda.

Tips dari Lentera Rumah: jangan mencuci mobil di ruang garasi karena akan menyebabkan ruangan menjadi lembab yang berakibat mobil akan mudah diserang karat.

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *