Mengenal Blind Tirai Penutup Jendela


Blind atau tirai menjadi salah satu alternatif yang semakin banyak diminati oleh masyarakat untuk menutup jendela rumah. Blind merupakan penutup jendela yang paling praktis karena menggunakan sistem buka tutup yang sangat mudah. Apalagi sekarang  banyak  desain yang ditawarkan dengan berbagai material.

Dahulu penggunaan blind lebih banyak untuk kantor karena praktis digunakan serta mudah dibersihkan, akhirnya saat ini banyak bangunan rumah yang ikut memakai. Modelnya yang terkesan ramping dan ringan sesuai digunakan dalam interior hunian minimalis modern. Namun sebaiknya Merancang Jendela Ideal Untuk Rumah terlebih dahulu.

Blind Tirai Jendela

Jenis Blind atau Tirai Penutup Jendela

Berikut beberapa jenis blind atau tirai modern yang paling banyak digunakan untuk rumah.

Roman Blind

Sistem Roman blind menggunakan dua tali panjang, satu tali untuk membuka dan tali yang lain untuk menutup. Roman blind terbuat dari selembar kain yang jika ditarik akan membuat kain menekuk ke atas secara otomatis. Blind sangat disukai untuk orang yang menginginkan kesan ruangan modern yang dapat menghadirkan suasana ruang lebih eksklusif dan mewah.

Roller Blind

Roller blind memiliki banyak manfaat dan fleksibel. Tipe ini kini juga dilengkapi dengan remote control yang dapat dioperasikan secara otomatis. Pada sisi atas terdapat silinder yang fungsinya menggulung roller blind ke atas saat dubuka. Blind ini sangat sederhana namun akan membuat ruangan lebih elegan dan modern serta dapat menjaga privasi tanpa menghentikan aliran cahaya dari luar.

Vertikal Blind

Sebagian besar desain blind menggulung ke atas saat di tarik, namun vertikal blind memberikan pilihan yang tak kalah menarik karena menawarkan desain vertikal. Maka saat ditarik akan melipat ke samping kiri atau kanan. Jenis desain ini cocok untuk memberikan efek visual ruangan agar terasa lebih tinggi dan megah dan cocok digunakan pada jendela berukuran besar.

Venetian Blind

Blind ini terbuat dari susunan horisontal lempengan kayu, plastik atau aluminium yang memanjang. Dengan blind ini anda dapat mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam ruangan karena susunan bilahnya dapat berputar hingga 180 derajat Selain itu blind ini dapat dilipat keseluruhan atau pada ketinggian tertentu saja. Memilih Jenis Lampu Untuk Rumah.

Bamboo blind

Terbuat dari bilah bambu tipis tersusun secara horisontal yang terkesan alami. Jenis blind ini telah dipakai sejak dahulu di Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan kerai bambu. Namun sayang tirai atau blind dengan bahan bambu kurang begitu tahan lama karena menggunakan bambu asli yang kurang tahan terhadap kelembaban.

 

Mengenal Blind Tirai Penutup Jendela

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *