Tips Desain Kamar Mandi yang Sempit


Kamar mandi di Indonesia biasanya kecil, apalagi jika membeli rumah dari suatu perusahaan. Biasanya ukuran kamar mandi hanya 2 x 2 meter yang tentu saja sempit. Oleh karena itu, diperlukan desain kamar mandi yang sempit agar bisa terlihat lebih luas.

Desain Kamar Mandi yang Sempit

Desain Kamar Mandi yang Sempit

Tidak hanya kecil, rata-rata rumah juga hanya memiliki satu kamar mandi yang digunakan untuk mandi dan buang air besar. Meskipun kamar mandi anda kecil, tidak ada alasan untuk membuatnya lebih rapi dan enak dipandang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendesain kamar mandi yang sempit seperti penjelasan berikut ini.

Gunakan Nampan

Agar barang-barang di kamar mandi tidak berserakan kecil anda, coba gunakan nampan khusus untuk menaruh perlengkapan. Jaga agar barang-barang favorit anda tetap terjangkau dan terlihat rapi dengan nampan sederhana.

Memasang Wastafel di Sudut

Lebih baik anda menempatkan wastafel di sudut kamar mandi sebagai dekorasi dan agar tidak mengganggu jalan. Pasalnya, menempatkan wastafel di tengah akan membuat sempit saat pintu kamar mandi dibuka dan ditutup.

Baca Juga:  Ukuran Rumah Ideal Untuk Keluarga

Gunakan Tirai

Penggunaan tirai akan menghemat lebih banyak ruang daripada memasang kaca atau menggunakan pintu. Karena kamar mandi kecil tidak memiliki banyak ruang untuk bak mandi dan perlengkapan lain.

Pasang Cermin Besar

Selain menggunakan dekorasi dengan motif besar, membuat kesan besar pada dekorasi kamar mandi berukuran kecil bisa dilakukan dengan menempatkan cermin berukuran besar di dinding. Memasang cermin di ruang yang sempit, juga memungkinkan dua orang menggunakannya sekaligus.

Pasang Wastafel Rak

Efisiensi menjadi kunci penting dalam menangani dekorasi kamar mandi berukuran kecil, termasuk dalam memilih furnitur untuk kamar mandi. Oleh karena itu, lebih baik memasang wastafel yang juga menyediakan rak dibawahnya sebagai tempat penyimpanan. Jadi, anda tidak perlu lagi memasang rak dinding yang memakan tempat.

Gunakan Bak Mandi Kecil

Desain kamar mandi yang sempit bisa dengan memakai bak mandi kecil di sudut ruangan. Selain itu ada rak tambahan untuk menaruh perlengkapan mandi, jangan lupa cari yang tahan air.

Beri Nuansa Alami

Dinding kamar mandi yang menggunakan batu alam akan terlihat lebih natural. Namun, dinding lainnya menggunakan keramik, sedangkan lantai menggunakan keramik berwarna gelap. Anda juga bisa menempatkan tanaman indoor di dalam pot, usahakan potnya ada yang berbahan stainless agar tidak mudah patah saat disentuh.

Baca Juga:  4 Tips Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Beri Warna Netral

Anda bisa mencoba beberapa warna netra seperti putih atau abu-abu sebagai cat tembok. Kemudian lanjutkan dengan menggunakan warna yang persis untuk furniture kamar mandi sebagai penunjang. Jika sudah ada jendela di kamar mandi anda, gunakan juga warna netral untuk membuat kamar mandi semakin cerah.

Minimalisir Barang

Anda tidak perlu meletakkan barang yang tidak dibutuhkan dalam kamar mandi. Jadi taruh barang-barang yang anda butuhkan saja dengan rapi, dan simpan sisanya dalam laci atau tempat penyimpanan di kamar mandi.

Berikan Warna Kontras

Jika anda menyukai gaya desain minimalis namun tidak menyukai warna yang monoton dalam satu ruangan, anda bisa mencoba memberikan sentuhan warna yang kontras, seperti hitam dengan putih.

Dekorasi Minimalis

Dengan dekorasi sederhana, kamar mandi akan tetap terlihat minimalis dan lebih hidup. Tapi, taruh saja barang-barang yang berguna untuk anda. Itulah beberapa  tips desain kamar mandi yang sempit. Tapi Wajib Diperhatikan Di Kamar Mandi.

Semoga bermanfaat.

 

Tips Desain Kamar Mandi yang Sempit

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *