Acrylic Sheet Untuk Interior dan Eksterior


Acrylic sheet atau akrilik  merupakan golongan thermoplastic yaitu material berbahan dasar plastik yang dibuat melalui suatu proses kimia khusus. Akrilik dapat dikatakan sebuah revolusioner yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan termasuk dekorasi rumah baik itu untuk bagian interior maupun eksterior.

Acrylic Sheet Untuk Interior dan Eksterior

Karakteristik Akrilik

Akrilik memiliki karakter yang unik yaitu gabungan kombinasi antara kekuatan dan estetika. Sekilas tampilan akrilik mirip kaca yang transparan dan cemerlang, namun dengan bobot yang sangat ringan sekitar 50 persen dibandingkan dengan kaca. Selain itu, acrylic sheet memiliki daya tahan dan kekuatan sampai sepuluh kali lipat dibandingkan dengan kaca.

Karakteristik dari akrilik yang paling menonjol adalah:

  • Kuat dan tahan lama serta tidak mudah pecah.
  • Tahan terhadap korosi, pelapukan maupun abrasi.
  • Tahan terhadap bahan kimia serta mudah dibersihkan.
  • Dapat menahan sinar matahari serta dapat sebagai penyaring ultra violet.
  • Termasuk isolator yang baik.

Selain karakteristik yang menonjol seperti yang disebutkan di atas, akrilik juga relatif mudah dikerjakan. Lembaran akrilik jauh lebih fleksibel dibandingkan kaca.

Akrilik juga mudah dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan serta area yang akan dipasangi dengan menggunakan bahan ini. Untuk memotong akrilik dapat digunakan gergaji dengan mata pisau halus serta untuk melobangi dapat dibor dengan bor plastik untuk pemasangan.

Akrilik diproduksi dalam berbagai bentuk diantaranya lembaran (sheet). Ketebalan akrilik di pasaran bervariasi berkisar antara 1 mm hingga 40 mm. Warna yang ditawarkan produsen acrylic sheet juga beragam (colored acrylic sheet).

Tekstur permukaan lembaran akrilik juga beragam mulai dari yang berpendar (bercahaya) sampai dengan cermin (memantul). Selain itu, beberapa jenis akrilik juga telah diberi lapisan khusus seperti anti gores, anti fogging, mereduksi silau dan sebagainya.

Saat ini banyak aplikasi yang menggunakan bahan akrilik mulai dari aksesoris hingga furniture, seperti plakat, gantungan kunci, tempat brosur, bunga, akuarium sampai dengan meja kursi.

Namun ada beberapa kesalahpahaman orang mengenai akrilik ini, yaitu akrilik akan berubah warna menjadi kuning serta menjadi rapuh dan retak dalam jangka waktu tertentu. Meskipun hal ini mungkin benar terjadi pada bahan bentukan akrilik dari plastik yang murahan, tapi tidak berlaku untuk akrilik yang berkualitas.

Akrilik dapat tetap tampak seperti baru selama beberapa puluhan tahun jika dirawat dengan benar, terlepas dari usia atau paparan terhadap sinar matahari.  Beberapa orang juga khawatir bahwa akrilik akan mudah tergores, tidak seperti kaca.

Untuk akrilik produk tertentu sudah ada anti gores dan jika terjadi goresan dapat digosok/ dipoles sehingga hilang, namun sedikit mengurangi ketebalan akrilik.

 

Acrylic Sheet Untuk Interior dan Eksterior

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *