Wajib Diperhatikan Di Kamar Mandi


Kamar mandi adalah bagian ruangan rumah yang selalu digunakan setiap hari oleh karena itu wajib diperhatikan dengan benar beberapa bagian-bagian yang ada di kamar mandi. Mengapa hal itu harus dan perlu?

Seperti yang kita ketahui bahwa mandi merupakan aktivitas yang sering dilakukan manusia untuk membersihkan dan menyegarkan diri. Selain itu mandi juga berkaitan dengan masalah kesehatan bahkan diyakini mampu mengurangi stres karena lemasnya otot-otot tubuh sewaktu diguyur air.

Tentu tidak ada keinginan orang yang berniat membersihkan diri, justru akan mendapat masalah dengan kesehatan dikarenakan kondisi tempat mandi yang telah menjadi sarang kuman dan bakteri berbahaya. Bakteri dan kuman yang merugikan ini senang dengan kondisi basah dan lembab karena mudah berkembang biak. Untuk itu menjadi kewajiban bagi kita secara rutin membersihkan bagian-bagian kamar mandi yang merupakan tempat yang paling disukai mereka.

Bagian Kamar Mandi Yang Wajib Di Perhatikan

Bagian Kamar Mandi Yang Wajib Diperhatikan

 

Bagian Mana Saja dari Kamar Mandi Yang Wajib Diperhatikan?

 

1. Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Bagian lantai dan dinding perlu diperhatikan karena dapat sebagai tempat pertumbuhan jamur maupun bakteri. Selain itu noda air atau kotoran yang menempel dapat membuat suasana kamar mandi menjadi kotor dan tidak sedap dipandang mata. Sebelum sempat menjadi kerak kapur yang nantinya akan menambah kesulitan untuk membersihkan, sebaiknya lakukan pembersihan sedini mungkin dengan sikat dan cairan asam atau desinfektan.

2. Tempat Penyimpanan Keperluan Mandi

Jangan menyepelekan tempat keperluan mandi seperti sabun, sikat gigi, shampoo dan lainnya. Kuman dan bakteri bisa saja bersarang di bagian kamar mandi ini, tidak peduli menggunakan almari toilet yang tertutup. Wajib dibersihkan secara rutin karena tempat ini sering digunakan di dalam kamar mandi. Cukup dilap dengan kain basah yang lembut dan segera keringkan untuk menghindari jamur dan bakteri menempel di sana.

Juga perlu diperhatikan tempat keperluan mandi yang sudah habis, kosong atau rusak. Segera dibuang dari kamar mandi. Selain sudah tidak berguna, peralatan itu akan terlihat kotor dan berantakan.

3. Toilet

Pada sebagian rumah ada yang memisahkan ruangan toilet dengan kamar mandi, namun masih banyak yang menjadi satu dengan berbagai macam alasan. Akan tetapi, toilet merupakan bagian tempat yang paling banyak disukai bakteri dan kuman sebagai tempat tinggalnya. Masih banyak orang yang menyepelekan kebersihan toilet padahal bagian yang rawan menjadi sarang penyakit ini. Meskipun toilet terlihat bersih, masih menyimpan kuman tersembunyi yang tak tampak mata.

Apapun jenis toilet yang digunakan bagian toilet harus dibersihkan secara rutin dengan menyikat dan menggunakan cairan pembersih atau desinfektan. Tidak hanya sekedar disiram dengan air saja, hal ini agar supaya kuman dan bakteri tidak terus berkembang biak.

Tentunya, masih banyak lagi bagian yang perlu diperhatikan seperti bak air, atap kamar mandi, jendela, pintu dan beberapa perlengkapan kamar mandi yang tidak semua rumah memiliki bagian itu seperti wastafel, bath up, shower dan sebagainya.

Untuk membersihkan bagian-bagian kamar mandi tidak akan sulit jika rutin dibersihkan karena kelembaban yang masih tinggi serta noda maupun kotoran yang masih tipis membuat cukup mudah untuk dibersihkan. Dengan kondisi ruang mandi yang bersih dan sehat, penghuni rumah akan merasa nyaman membersihkan diri di dalam ruangan tersebut.

 

Wajib Diperhatikan Di Kamar Mandi – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *