Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis


Dekorasi ruang tamu minimalis sangat mudah dilakukan agar tetap terlihat estetis dan nyaman untuk ditinggali. Ruang tamu akan memberi kesan pertama bagi tamu dan akan memberikan kenyamanan para tamu. Saat tamu datang berkunjung ke rumah, biasanya dipersilahkan untuk menempati ruang tamu yang ada. Kesan formal akan tampak pada pertemuan tuan rumah dengan tamu yang berada dalam ruangan tersebut.

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Anda bisa menggunakan tips dekorasi ruang tamu minimalis dari Lentera Rumah berikut ini agar lebih estetis.

Ukur Ruang Tamu

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika ingin mendekorasi ruang tamu agar lebih estetis adalah mengukur ruangan dengan benar. Sebelum membeli furnitur, pastikan untuk mengukur ruang tamu dengan benar, kemudian menentukan ukuran furnitur yang dibutuhkan. Jika perlu, buatlah denah ruangan agar lebih presisi dan akurat.

Sesuaikan Warna Furnitur dan Dinding

Perhatikan warna dinding denggan kombinasi warna yang tepat antara furnitur dan lantai. Misalnya, warna putih atau abu-abu pada dinding akan membuat ruangan menjadi lebih luas. Sehingga cocok dipadukan dengan furnitur berwarna gelap untuk menyeimbangkan dekorasi ruangan.

Baca Juga:  Memilih Warna Cat Untuk Ruangan Kantor

Pilih furnitur kayu dengan desain yang simpel dan warna gelap untuk memberi kesan luas. Kursi kayu juga bisa diubah posisinya karena lebih ringan dari sofa.

Beri Karakter

Meski banyak tren desain ruang tamu estetis yang bisa anda temukan di berbagai platform media sosial, jangan lupakan karakter dan ciri khas anda. Pastikan anda memiliki sentuhan pribadi yang akan membuat anda nyaman berlama-lama di ruang tamu.

Misalnya, meletakkan tanaman di beberapa sudut ruang tamu karena anda adalah pecinta tanaman.

Jaga Kerapian

Mengingat terbatasnya ruang di ruang tamu, ada baiknya ruang tamu tetap rapi. Gunakan warna-warna netral, pilih furnitur yang simpel namun fleksibel dan letakkan semua barang pada tempatnya.

Ruang tamu yang rapi dan bersih akan memberikan kenyamanan meski ukurannya sempit. Jika perlu, pasang rak dinding untuk meletakkan berbagai furnitur seperti remote, buku dan lainnya agar terlihat lebih rapi.

Perhatikan Fungsinya

Sebisa mungkin manfaatkan semua sudut ruangan di ruang tamu minimalis. Misalnya, pilih sofa tiga dudukan atau rak dinding untuk menghemat ruang. Pilih meja dan kursi dengan warna solid agar tidak banyak warna dan menjadikan ruang tamu terlihat lebih luas. Atau sebagai ruang tamu terbuka.

Baca Juga:  Dekorasi Untuk Kamar Tidur Remaja

Lukisan Ruang Tamu Minimalis

lukisan abstrak ruang tamu

Lukisan Abstrak

Jika anda ingin membuat ruang tamu minimalis anda memiliki nilai seni yang tinggi, anda bisa mencoba ide ini. Pastikan lukisan ini akan mempercantik dan menciptakan kesan luas.

Lukisan Ombre

Lukisan teknik ini bisa diterapkan pada ruang tamu minimalis. Anda dapat menerapkan campuran warna hitam ke putih atau hitam ke abu-abu. Jika ingin kombinasi warna yang lebih cerah, anda bisa mencoba warna merah atau pink.

Mural 3D

Lukisan ini bisa membuat ruang tamu anda menjadi unik, tidak ada salahnya mencoba lukisan dinding mural. Namun, mural hanya untuk satu sisi dinding saja agar tidak membuat pusing. Pastikan juga pilihan warna dan motif disesuaikan dengan konsep ruangan dan warna furnitur.

Lukisan Splash

Lukisan ini akan membuat ruang tamu minimalis menjadi elegan, apalagi dipadukan dengan background dinding abu-abu. Kemudian, percikan cat berwarna terang, seperti emas atau putih.

Lukisan Siluet

Lukisan ini akan membuat ruang tamu minimalis menjadi lebih manis. Tidak perlu banyak bahan, cukup cat pohon di tepinya. Selain minimalis, lukisan ini juga akan menghemat biaya, karena anda hanya perlu membeli cat hitam.

Baca Juga:  Tips Dekorasi Kamar Tidur Minimalis

Itulah beberapa tips dekorasi ruang tamu minimalis yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat.

 

Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *