Rumah Dekat Makam Menurut Feng Shui


Makam oleh sebagian orang dianggap sebuah tempat yang angker sehingga tempat tersebut dihindari terutama di malam hari. Kepercayaan masyarakat yang menganggap makam atau kuburan sebagai tempat berkumpul arwah dari orang yang sudah meninggal, tidak cocok jika dibeli atau dibangun sebuah rumah di dekat lokasi tersebut. Itulah salah satu sebab mengapa banyak orang yang memilih lokasi rumah jauh dari makam.

 

rumah dekat makam

Menurut perhitungan ilmu feng shui, makam atau kuburan merupakan salah satu sumber energi negatif atau Yin Qi. Semakin luas area pemakaman, maka semakin besar pula pengaruh energi yin. Manusia dapat dengan mudah merasakan energi negatif yang kuat jika berada atau melihat lokasi makam tersebut terasa menyeramkan. Dengan demikian, rumah dekat makan tidak cocok berdasarkan energi yang ada. Arwah orang meninggal memiliki energi Yin, sedangkan orang hidup memiliki energi Yang.

Akan tetapi, tidak semua lokasi makam memiliki energi negatif. Yin akan lemah bahkan tidak dirasakan jika lokasi makam tersebut ramai, terang dan sudah lama tidak dibuat mengubur orang yang baru saja meninggal. Sebagai contoh, di dekat makam Belanda lama yang masih dirawat dengan baik, boleh dibangun properti.

Menyiasati Rumah Dekat Makam

 

Lokasi pemakaman yang terkesan angker umumnya tidak memiliki lampu penerangan yang cukup, banyak pohon besar atau tidak ditata dan dirawat dengan baik. Pengaruh negatif Yin akan terasa sangat kuat jika rumah menghadap langsung ke makam karena dengan mudah terlihat dari rumah. Selain itu, posisi rumah lebih rendah dari makam akan memiliki Yin yang lebih besar.

Jika memiliki lahan yang ingin dibangun rumah namun dekat dengan makam, solusi dari ahli Feng Shui terbaik adalah:

  1. Jika rumah berhadapan dengan makam maka bangunan rumah sebaiknya mundur semaksimalnya dari makam. Pada halaman depan rumah sebaiknya ditanam tumbuhan yang memiliki warna dominan merah yang merupakan unsur api sebagai peredam energi Yin, seperti palem merah, flamboyan, atau tumbuhan warna merah pekat lainnya.
  2. Jika rumah bersebelahan (samping atau belakang) dengan pemakaman disarankan membuat tembok pembatas yang dicat dengan warna merah agar energi Yin dapat dikurangi. Selain itu, beri penerangan dan ruang area yang cukup di sekitar tembok yang berbatasan langsung dengan makam.

Secara prinsip, jika membangun rumah dekat makam, harus memperhatikan “jarak aman”. Seperti haknya jika di sekitar rumah terdapat pohon setinggi 10 meter, maka jarak aman rumah dengan pohon itu harus lebih dari 10 meter. Jika kurang, memiliki resiko rumah tersebut dapat tertimpa pohon jika pohon itu tumbang.

Selain itu, jika lokasi makam terawat, terang, ramai dan tidak terasa menyeramkan terutama bagi pemilik lahan, tidak ada salahnya membangun rumah dekat makam. Terutama di kota-kota besar yang semakin sulit mencari lahan kosong untuk tempat tinggal.

 

Diolah dari : BISNIS PROPERTI

Rumah Dekat Makam Menurut Feng Shui – Lentera Rumah

 

Related Post

4 comments

    1. Persis di belakang rumah saya adalah makam. Begitu pintu belakang dibuka langsung terlihat makam. Awalnya sih takut (saat beli rumah) apalagi jika ada yang baru dimakamkan, tapi akhirnya biasa… 😀

      1. Samping rumah sy jg kuburan, sy sdh 15 thn tinggalin, sy jg tdk masalah, tp yg jd masalah skrg sy butuh uang dan mau jual rumahnya banyak yg suka rumah saya ini tp tau samping ada kuburan pd batal beli 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *