Menata Bunga dalam Ruangan Agar Enak Dipandang


Menata bunga dalam ruangan tak hanya mempercantik tampilan rumah. Tanaman hias juga menjadikan udara lebih segar. Namun, jika diletakkan sembarangan, akan membuat kesan sempit. Anda juga perlu memperhatikan jenis tanaman, warna, dan ukuran tanaman hias agar tertata dengan baik.

Menata Bunga dalam Ruangan

Cara Menata Bunga dalam Ruangan

Berikut ini Lentera Rumah bagikan 8 cara menata bunga dalam ruangan untuk estetika agar enak dipandang.

Gunakan Pot Plastik

Menggunakan pot plastik adalah pilihan yang tepat. Karena pot plastik tidak mudah pecah seperti pot tanah liat dan mudah dipindahkan. Pot plastik memiliki beragam motif menarik yang dapat menambah kemeriahan dekorasi.

Anda bisa menggunakan barang bekas seperti kaleng atau botol bekas untuk pot. Anda juga harus rutin menjemur tanaman yang memang membutuhkan lebih banyak sinar matahari di luar ruangan agar tanaman tidak busuk atau mati.

Sesuaikan Warna

Salah satu cara menata bunga dalam ruangan adalah menyesuaikan warna bunga dengan warna cat rumah dan furniturnya. Pilihlah pot dengan warna kalem seperti krem, putih, atau abu-abu. Jangan lupa perhatikan warna daunnya, karena ada tumbuhan yang memiliki daun berwarna hijau tua dan daun berwarna hijau muda pucat.

Baca Juga:  Foto Mural Pada Dinding Rumah

Sebagian besar tanaman biasanya didominasi oleh warna hijau, namun di daunnya biasanya terdapat warna lain. Jadi kelompokkan bunga yang memiliki warna daun yang sama agar terlihat serasi.

Jangan Menggunakan Tanaman Besar

Jika anda ingin menata bunga dalam ruangan, perhatikan ukuran ruangan terlebih dahulu. Hindari menggunakan tanaman besar di ruangan kecil karena akan memberikan kesan sempit.

Letakkan di Pojok

Anda bisa menggunakan meja kecil sebagai alas bunga. Menggunakan rak dinding juga bisa menjadi alternatif. Kita juga bisa meletakkan tanaman berukuran besar di tengah ruangan. Namun, pastikan tanaman tersebut tidak mengganggu jalannya aktivitas.

Pilih Tanaman yang Cocok

Penting untuk memilih tanaman yang cocok ditempatkan di dalam ruangan sebagai dekorasi. Beberapa tanaman yang mudah hidup dan dirawat di dalam ruangan antara lain Aglonema, Kaktus. Pastikan bungan juga terkena sinar matahari yang cukup.

Kelompokkan Tanaman

Anda dapat mengatur tanaman dengan mengelompokkannya dalam jumlah ganjil. Gunakan juga bentuk piramida dalam menata pot. Tanaman besar dapat ditempatkan di belakang, sedangkan tanaman kecil disimpan di depan.

Baca Juga:  Acrylic Sheet Untuk Interior dan Eksterior

Atur juga tanaman berdasarkan ketinggiannya. Misalnya, letakkan tanaman tinggi di sudut kanan, diikuti oleh tanaman lain yang lebih rendah di baris ke kiri. Menata jumlah pot tanaman yang ganjil bisa membuat tampilan lebih seimbang. Gunakan

Cat Ulang Pot

Sebelum menata bunga dalam ruangan kita juga bisa mengecat ulang pot agar pot terlihat lebih baik dengan hasil akhir matte. Pilih hitam, abu-abu, atau putih agar menyatu satu sama lain.

Tentukan Fokus Utama

Harus ada dua fokus bunga dan pot agar lebih menarik. Pertama, jenis tanaman dan kedua pot dengan desain yang unik. Tentukan benda yang akan dijadikan sebagai pusat perhatian. Entah itu jenis tanaman atau desain potnya.

Jika tanaman tergolong mahal, pilihlah pot sederhana tanpa banyak corak dan warna. Dengan begitu bisa tetap fokus pada tanaman. Sebaliknya, jika jenis tanamannya murah, coba pilih pot yang memiliki desain unik, baik itu dari pola atau warnanya.

Sekian ulasan tentang cara menata bunga dalam ruangan agar enak dipandang yang bisa langsung anda praktekkan, semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Untuk Kenyamanan

 

Menata Bunga dalam Ruangan Agar Enak Dipandang

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *