Tahukah Kalian Apa Itu Mobil SUV?


Mobil adalah salah satu jenis transportasi roda empat yang banyak dimiliki oleh keluarga Indonesia. Mobil bisa menjadi alat transportasi yang paling efektif dan efisien karena bisa memenuhi kebutuhan keluarga di Indonesia. Kebanyakan orang menggunakan mobil untuk pergi ke kantor, pergi berlibur hingga digunakan untuk bisnis. Mobil bisa dijadikan sebagai ladang bisnis misalnya untuk dijadikan taxi online atau juga bisa dengan disewakan atau rental.

Mobil SUV

Di Indonesia saat ini banyak sekali jenis mobil yang beredar di pasaran otomotif. Salah satu mobil yang cukup populer dan banyak diminati oleh keluarga Indonesia adalah mobil SUV.

Apa itu mobil SUV? Kenapa banyak diminati oleh keluarga di Indonesia saat ini? Bagi anda yang masih kurang paham mengenai mobil SUV, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kepada anda informasi terkait mobil SUV yang mungkin bisa menambah wawasan bagi anda.

Apa Itu Mobil SUV?

Mobil yang dijual di pasaran otomotif tentu saja mempunyai jenis dan juga fungsi yang berbeda-beda. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan oleh para penggunannya. Pabrik atau perusahaan biasa nya akan membuat mobil dengan spesifikasi tertentu untuk menyesuaikan dengan target pasar. Salah satu mobil yang paling banyak dibuat dan dicari pada pasaran otomotif Indonesia adalah mobil SUV, apa itu mobil SUV?

Mobil SUV adalah kendaraan yang hampir sama dengan Station Wagon. Dengan body yang besar dan juga mempunyai performa yang tangguh tentu saja SUV menjadi banyak pilihan oleh keluarga Indonesia. SUV adalah mobil yang didesain untuk bisa menaklukan jalanan off road dan juga jalanan on road atau perkotaan. Model original dari SUV ini hampir sama seperti mobil Jeep dan juga mobil Land Rover.

SUV sendiri adalah singkatan dari Sport Utility Vehicle. Sesuai dengan namanya, mobil ini memiliki desain yang hampir sama dan diadaptasi dari mobil off road. Namun yang membedakan mobil SUV dengan mobil Offroad adalah terdapat penambahan aksen sporty yang menjadikan mobil ini diberi nama mobil SUV. Mobil jenis SUV ini bisa dikatakan dapat beroperasi dimana saja, hal ini karena mobil SUV memiliki fungsi utility yang berarti dapat menempuh semua jenis medan.

Klasifikasi Mobil SUV

Perlu anda ketahui jika ternyata mobil SUV ini masih dibagi lagi jenisnya loh. Setidaknya terdapat empat jenis dari mobil SUV yang mungkin belum anda ketahui. Lalu apa saja keempat jenis mobil SUV tersebut? Berikut dibawah ini adalah klasifikasi dari empat jenis mobil SUV yang harus anda ketahui.

1. Compact SUV

Jenis mobil SUV yang pertama adalah compat SUV atau juga lebih dikenal dengan nama Min SUV. Compact SUV adalah jenis mobil SUV yang paling kecil, entah itu dari segi dimensi atau dari segi tenaga.

Rata-rata tenaga dari jenis Compact SUV ini terdapat di level terendah pada kategori mobil SUV, biasanya hanya memiliki mesin 1500 cc, sasis dari mobil ini juga cukup rendah. Compact SUV sendiri memang diperuntukkan untuk pemakaian sehari-hari dan melewati jalan perkotaan. Untuk harga dari Compact SUV sendiri biasanya dibandrol dengan harga dibawah Rp 500 juta.

2. Medium SUV

Berikutnya ada Medium SUV yang merupakan mobil SUV dengan body dan juga mesin cenderung lebih besar dibandingkan jenis pertama. Rata-rata mesin dari mobil Medium SUV ini adalah 2000 sampai 2500 cc.

Dengan body yang cukup besar dan juga mesin yang lumayan, Medium SUV ini bisa menjadi pilihan keluarga Indonesia jika ingin mendapatkan mobil dengan kabin yang lega dan lebih nyaman.

3. Luxury SUV

Jenis dari mobil SUV berikutnya adalah Luxurious SUV. Mobil jenis ini biasanya lebih mengedepankan kenyamanan dari penumpang, teknologi yang terdepan, keindahan desain. Namun meskipun begitu mobil jenis ini juga dilengkapi dengan mesin yang kuat loh, biasanya menggunakan tenaga mesin 3000 cc.

4. Full Size SUV

Yang terakhir ada Full Size SUV, FUll Size SUV adalah jenis mobil SUV terbesar dan terkuat. Selain itu mobil jenis ini adalah varian paling tinggi dari mobil SUV lainnya. Biasanya Full Size SUV ini menggunakan mesin V8 yang powerfull dan menggunakan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak. Harga yang dibandrol untuk jenis mobil ini kisaran Rp 500 juta sampai Rp 2 Miliar.

 

Mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *