Pertumbuhan Bisnis Rumah Kost di Jakarta

Bisnis Rumah Kost di Jakarta

Pertumbuhan bisnis rumah kost di Jakarta semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah pekerja dan mahasiswa dari luar kota yang datang ke Jakarta. Bagaimanapun juga, tempat tinggal merupakan satu dari tiga kebutuhan primer manusia, maka bisnis rumah kost menjadi suatu bisnis yang potensial karena menyediakan tempat tinggal sementara untuk manusia yang umumnya berasal dari luar daerah tertentu dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.


Pengertian Rumah Kost

Ada beberapa pengertian rumah kost, namun secara garis besar adalah sama yaitu rumah huni yang disewa dengan melakukan pembayaran kepada pemilik rumah huni, dimana pembayaran tersebut termasuk biaya fasilitas, biaya listrik, biaya air, dan biaya fasilitas lainnya.

Pengertian rumah kost menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berasal dari kata indekos yang berarti “tinggal di rumah orang lain dengan atau tanpa menerima makan, dengan membayar setiap bulannya”.

Pengertian kost menurut Oxford Advanced Learness Dictionary adalah rumah pribadi dimana orang lain dapat membayar untuk akomodasi dan makanan.

Sedangkan menurut Dinas Perumahan Propinsi DKI Jakarta, rumah kost dicirikan dengan bentuk bangunan yang umumnya terlihat berciri khusus, dengan berbagai kondisi fasilitas ruang, dari permanen hinggan non-permanen, terbuat dari dinding batu hingga papan kayu, berupa bangunan utuh yang disekat-sekat ruang; atau terdiri dari 1 (satu) atau 2 (dua) yang menempel atau menjadi satu bagian dari rumah induk; hingga puluhan deretan ruang terkumpul dalam satuan bangunan terpisah dari rumah induk; atau hanya suatu bangunan khusus terdiri dari deretan ruang-ruang saja.

Bisnis Rumah Kost di Jakarta

Salah satu pasar besar dari bisnis rumah kost Jakarta adalah pekerja dan mahasiswa dari suatu perguruan tinggi. Hal ini disebabkan karena Jakarta merupakan sental perekonomian di Indonesia sehingga sebagian besar kantor pusat perusahaan dan industri ada di Jakarta.

Selain itu, banyak perguruan tinggi negeri favorit di Jakarta yang memicu terjadinya migrasi penduduk yang berniat menjadi mahasiswa di suatu perguruan tinggi tersebut. Sehingga secara tidak langsung, permintaan dari bisnis rumah kost akan terjaga dari waktu ke waktu.

Namun seiring dengan berkembangnya pasar dari bisnis rumah kost akan menyebabkan semakin banyak pesaing yang muncul. Sehingga pekerja dan mahasiswa sebagai salah satu pasar terbesar dari bisnis rumah kost memiliki banyak pilihan untuk memilih tempat kost.

Hingga saat ini tidak banyak ditemukan pemilik bisnis rumah kost yang mempertimbangkan kebutuhan dan kepuasan konsumen terhadap fasilitas yang ada di dalam sebuah rumah kost dan hubungannya dengan harga sewa yang diajukan oleh pemilik rumah kost.

Pemilihan lokasi menjadi sesuatu yang penting dari bisnis rumah kost. Dalam hal ini, daerah sekitar kantor dan perguruan tinggi menjadi lokasi yang baik dalam mendirikan bisnis rumah kost. Hal ini tentunya dapat membuat keterisian rumah kost yang maksimal yang artinya akan menghasilkan keuntungan yang maksimal pula untuk pemilik bisnis rumah kost.

Sebagai konsumen, penyewa memiliki pandangan tingkat kepentingan pada fasilitas tertentu yang berbeda beda dalam memilih rumah kost. Karena fasilitas rumah kost sendiri sangat bervariasi bentuknya, maka pemilik bisnis rumah kost perlu memetakan preferensi konsumen.

Banyak sekali pemilik bisnis usaha rumah kost yang tidak mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan pekerja dan mahasiswa sebagai konsumen, serta hubungan harga sewa dengan fasilitas yang disediakan pemilik bisnis usaha rumah kost.

Sementara itu, dalam bisnis usaha rumah kost sering terjadi trade-off. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan dampak biaya yang besar. Oleh karena itu, pemilik bisnis usaha rumah kost harus dapat melihat dengan cermat kebutuhan konsumen untuk dapat membuat rancangan fasilitas yang akan disediakan oleh pemilik bisnis usaha tersebut.

Dalam hal penyediaan fasilitas pada rumah kost perlu diidentifikasi apakah fasilitas tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen serta perlu diidentifikasi seberapa besar peluang rumah kost dengan fasilitas tertentu akan mendapatkan banyak konsumen.

Saat ini pasar bisnis rumah kost semakin ketat dan pesaing semakin banyak, maka pemilik bisnis rumah kost harus jeli dalam melihat kebutuhan dan keinginan konsumen agar bisnis rumah kost tersebut berjalan dengan optimal. Masih banyak pemilik bisnis rumah kost yang mendirikan rumah kost tanpa mempertimbangkan keinginan dari konsumen. Dengan melihat sisi keinginan konsumen, maka diharapkan penjualan akan meningkat.

Bagi pekerja dan mahasiswa dari luar Jakarta yang ingin mencari dan menemukan rumah kost di Jakarta sesuai kebutuhan, Anda dapat memanfaatkan situs mamikos.com karena terdapat menu pilihan yang lengkap mulai dari tipe kost, biaya sewa, fasilitas yang akan didapatkan, hingga aturan kost.

Sedangkan bagi yang ingin berbisnis rumah kost, juga dapat memanfaatkan situs mamikos.com untuk bekerja sama dalam mempromosikan rumah kost-nya.

 

Pertumbuhan Bisnis Rumah Kost di Jakarta

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.