Keistimewaan Cove Lighting Di Kamar Tidur


Cove lighting umumnya lebih sering dipakai sebagai elemen dekoratif, karena cahaya lampu yang tidak begitu terang. Namun cove lighting pada ruangan tertentu dapat dijadikan sebagai lampu utama. Fleksibilitas bentuk, peletakan dan pilihan warna cahaya yang beragam, membuat lampu ini sangat cocok sebagai mood lighting di kamar tidur yang merupakan ruangan privat yang dekat dengan hati sang pemakai.

Cove Lighting Di Ruang Tidur

Keistimewaan Lampu Cove Lighting

Cove Lighting merupakan salah satu bentuk pencahayaan tidak langsung yang biasanya diletakkan di balik dinding atau di bawah plafon. Keistimewaan lampu ini adalah garis cahaya yang terbentuk akibat dari pantulan sinar lampu dari tempat persembunyiannya.

Cove lighting umumnya menggunakan lampu LED berbentuk pita sehingga mudah dibentuk. Sedangkan jika bukan pita biasanya memakai tabung fluorescent T5. Jenis lampu ini hemat energi bahkan saat ini dapat dikontrol dengan remote.

Peletakan cove lighting sangat beragam, hampir di semua tempat dapat menyembunyikan lampu pita ini. Bentuknya yang rapi karena kabel dan armature yang tersembunyi akan menampilkan cahaya hangat yang dapat membuat ruangan akan memiliki kesan lebih mendalam.

Baca Juga:  Mengenal Blind Tirai Penutup Jendela

Efek ringan dan melayang dari cove lighting untuk dekorasi ruang tidur dapat menciptakan efek tertentu. Cove Lighting yang diletakkan di bawah tempat tidur atau meja membuat area yang ada di bawah lampu terlihat seperti hilang tertelan cahaya dan benda-bena tersebut akan terlihat seperti melayang.

Cove lighting juga dapat digunakan sebagai komplimen bagi elemen furniture seperti pada headboard yang bisa berfungsi juga sebagai lampu baca dan juga lampu tidur. Dengan demikian tidak hanya sebagai dekorasi untuk estetika namun juga fungsional.

Cove lighting dapat dijadikan sebagai penegas garis bidang dinding yang dibuat beda ketinggian dan permainan material agar menghadirkan sebuah dinamika menarik dan tidak terasa monoton. Garis cahaya cove lighting yang lembut membuat garis dinding akan menjadi lebih tegas agar memukau.

Pada bidang dengan warna dan tekstur yang sama, garis cahaya cove lighting akan memberikan kesan kedalaman yang dinamis. Material yang dingin dan  keras yang dikontraskan dengan material hangat dengan tekstur halus ole cahaya cove lighting akan dipertegas dan diperkuat. Dengan demikian, material yang keras akan terlihat semakin keras dan yang halus akan semakin halus.

Baca Juga:  Berani Mengkombinasikan Warna Eksterior Rumah

Ruang tidur sebagai ruangan paling privat biasanya dibuat dekat dengan hati penghuninya. Mengapa tidak mencoba Cove lighting?

 

Keistimewaan Cove Lighting Di Ruang Tidur

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *