Memilih Desain Pagar Untuk Rumah


Pagar merupakan salah satu bagian yang pertama kalinya terlihat pada sebuah bangunan rumah. Selain sebagai batas privasi dari sebuah rumah, pagar juga memiliki fungsi sebagai pelengkap keindahan rumah. Untuk itu sebaiknya memilih desain pagar disesuaikan dengan kondisi desain rumah.

Konsep desain rumah minimalis akan lebih tepat memilih desain pagar minimalis. Rumah kayu akan ideal dengan pagar kayu. Demikian juga untuk arsitektur rumah lainnya. Keserasian antara rumah dan pagar akan memberikan keindahan, menarik dipandang mata. Dan yang terpenting bisa menciptakan suasana rasa aman bagi penghuninya.

Memilih Desain Pagar Untuk Rumah

 

Memilih Pagar Untuk Rumah

Memilih desain pagar untuk rumah saat ini sangat mudah. Banyak pilihan bahan untuk membuat pagar. Selain itu banyak contoh variasi bentuk  pagar yang diinginkan di penyedia jasa pembuatan pagar maupun di internet sebagai bahan pertimbangan memilih.

Berikut beberapa pilihan desain pagar yang dapat diaplikasikan pada rumah minimalis Anda.

Desain pagar dari bahan besi

Besi saat ini masih merupakan bahan pagar yang paling banyak di gunakan di Indonesia. Kebanyakan  orang masih memikirkan faktor keamanan, akan lebih kuat jika menggunakan pagar dari bahan besi.

Pagar dari besi sangat cocok bila dipasangkan di rumah modern. Hal ini di sebabkan karena desain yang modern dan apik menjadikan pagar ini sangat serasi dengan desain rumah. Kini desain pagar besi sudah sangat beragam dan kreatif sehingga memiliki nila seni dan keindahan untuk dijadikan dekorasi luar rumah.

Desain pagar dari bahan kayu

Di sekitar tahun 1990 an, pagar kayu sempat menjadi tren untuk rumah bergaya klasik yang berkesan sangat alami. Apalagi kayu sejak dulu sudah banyak digunakan meskipun dengan bentuk apa adanya.

Namun, dibandingkan dengan bahan lain, kayu memiliki kelemahan yaitu kurang tahan terhadap kelembaban sehingga mudah rapuh maupun rentan terhadap serangan rayap. Selain itu, kayu yang berkualitas sudah jarang didapat kalaupun ada harganya melambung tinggi.

Desain pagar dengan bahan kayu sangat cocok jika diterapkan pada rumah bergaya klasik dengan memberi sentuhan warna alami dengan vernis. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan pagar kayu diwarnai dengan cat yang mencolok dengan menggunakan warna-warna terang agar terkesan lebih modern.

Desain pagar dari batu alam

Salah satu pemilihan desain pagar yang menarik adalah menggunakan bahan batu alam. Pagar batu alam akan menimbulkan kesan menarik dan elegan pada luar rumah.

Saat ini bahan batu alam yang berjenis lunak seperti jenis batu kuning, andesit  dan lain-lainnya telah banyak digunakan sebagai material pagar. Namun, jika memilih desain pagar dari batu alam, pertimbangkan juga gaya dan desain rumah agar pagar pun tampak sangat serasi.

Tentu saja masih banyak jenis-jenis bahan yang dapat digunakan sebagai pagar rumah, seperti pagar hidup dari tanaman, pagar tembok, pagar campuran atau kombinasi, dan lain sebagainya. Dan tentu saja disesuaikan dengan kondisi rumah dan juga yang terpenting keuangan yang ada.

 

Memilih Pagar Untuk Rumah – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *