Cek! 5 Cara Membuat Rumah Lama Berpenampilan Baru

Rumah Lama Berpenampilan Baru

Renovasi jadi pertimbangan besar untuk mengubah penampilan rumah lama, sayangnya kegiatan ini butuh dana yang besar. Anda bisa irit jika hanya menggunakan jasa interior saja, selama rumah masih memiliki konstruksi yang kokoh.


Saat menggunakan jasa ini, perhatikan juga tips memilih jasa interior yang berkualitas agar hasil perubahan sesuai dengan angan-angan Anda. Apalagi sekarang sudah banyak jasa interior yang menawarkan layanan murah.

Sebelum menyewa jasa interior, Anda pun harus tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk membuat rumah tampil lebih baru. Hal ini penting diperhatikan sebelum memulai konsultasi.

5 Cara Mudah Mengubah Rumah Lama Menjadi Baru dengan Murah

Bosan dengan tampilan rumah lama selalu menjadi faktor utama mengapa seseorang ingin melakukan perombakan. Alih-alih merombak, kebanyakan orang justru hanya membeli furniture baru dan membuang yang lama.

Langkah tersebut salah, karena membeli furniture bukan jadi solusi perubahan yang tepat. Perubahan yang dilakukan bahkan masih bisa menggunakan furniture yang lama. Penasaran bagaimana cara agar Anda bisa merubah penampilan rumah lama? Cek tipsnya ini.

1. Memberikan Warna Baru pada Dinding

Trik paling sederhana yang sudah banyak dipraktekan adalah hanya dengan mengubah warna dinding rumah. Mulai dari dinding luar rumah sampai setiap ruangan. Anda bisa memilih warna yang senada atau membedakan pada masing-masing ruangan.

Supaya tidak merasa bosan, Anda bisa memilih warna dinding yang belum pernah digunakan. Misalnya jika biasanya menggunakan warna putih secara keseluruhan kini buatlah ruangan dengan warna pastel atau warna yang lebih mencolok.

2. Mengatur Ulang Posisi Furniture

Cara paling murah adalah dengan mengatur ulang letak furniture. Jika tadinya sofa berbentuk letter U, kini bisa diubah menjadi letter L atau terpisah secara acak. Selama perubahan posisi ini Anda juga bisa mengecek kualitas furniture.

Apakah terdapat perabotan yang rusak dan membutuhkan reparasi. Jika iya, cobalah untuk melakukan reparasi sekaligus mengubah warnanya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan nuansa baru dari furniture.

3. Menata Ulang Pencahayaan

Tidak sedikit pemilik rumah yang bosan dengan ruangan, padahal masalahnya sepele yaitu soal pencahayaan. Mencermati hal ini, Anda tentunya bisa mengambil langkah untuk merubah arah pencahayaan atau justru menambahnya.

Rutinlah untuk membuka tirai jendela saat pagi hari dan ubah tata letak dari lampu. Tidak ada salahnya mengganti lampu putih menjadi kuning atau sebaliknya. Jika Anda memiliki karya seni seperti lukisan, bisa juga menambahkan lampu spot yang mengarah ke karya seni tersebut.

4. Menambahkan Tanaman

Kebosanan juga bisa muncul karena tidak ada unsur alam di dalam rumah. Anda mungkin sudah memiliki lantai parket atau memberikan aksen batu bata di salah satu dinding. Sayangnya itu saja tidak cukup untuk memberikan aksen kesegaran dalam ruang.

Anda perlu menambahkan tanaman hidup berdaun hijau dan lebar. Bisa juga tanaman berdaun hijau yang lebat, sehingga ruangan akan tampak lebih hidup.

5. Membuat Dekorasi DIY

Hobi dengan crafting? Hasil karya Anda bisa dijadikan dekorasi dalam ruangan. Hobi yang Anda miliki bisa membuat ruangan jadi lebih hangat. Dekorasi seperti dari talenan kayu atau kain perca yang disusun sangatlah menarik.

Dekorasi ini dapat menggantikan karya seni lukisan yang mahal harganya. Namun Anda tetap bisa memperoleh keindahan dari ruangan.

Banyak hal yang masih bisa dilakukan untuk mengubah tampilan rumah menjadi baru tanpa harus keluar uang banyak. Terapkan tips ini satu per satu pada rumah Anda.

 

Cara Membuat Rumah Lama Berpenampilan Baru

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.