Sejuknya Ruang Keluarga Terbuka


Sejuknya ruang keluarga terbuka sehingga bercanda dan berkumpul bersama keluarga pada satu ruangan akan membuat suasana keluarga tambah mesra dan bahagia. Namun apa dikata, keterbatasan lahan yang akhirnya menghasilkan ruangan sempit untuk ruang keluarga, sehingga suasana keakraban sedikit terbatasi. Memiliki lahan terbatas bukan menjadi masalah jika bisa menyiasatinya, seperti membuat ruang keluarga terbuka bisa menjadi salah satu solusi.

Jika Anda membeli perumahan, bahkan yang paling sederhana pun, rata-rata pengembang menyisakan sedikit lahan di belakang rumah. Anda bisa memanfaatkan area ini menjadi sebuah ruang keluarga terbuka. Atau jika berencana membangun rumah dengan lahan yang tidak begitu luas, siapkan area di samping atau belakang untuk ruang keluarga terbuka.

Sejuknya Ruang Keluarga Terbuka

 

Ruang terbuka berarti ruangan tersebut memiliki bukaan langsung dengan lingkungan luar rumah. Apalagi untuk kondisi alam Indonesia yang cenderung kian panas, dengan membuat ruang terbuka akan sedikit mengurangi beban pengeluaran anggaran untuk membeli AC atau kipas angin. Selain itu kesan menyatu dengan alam lebih terasa.

Hampir sama fungsinya dengan ruang tamu terbuka, untuk ruangan keluarga terbuka dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan sekaligus keakraban bagi penghuninya. Anda bisa bercengkrama dengan anggota keluarga dengan nyaman sembari menikmati semilir angin yang mengalir pada ruangan terbuka seperti ini. Walaupun tidak ada lagi lahan untuk membuat taman, vertical garden bisa menjadi alternatif pilihan.

Desain ruang keluarga terbuka akan membantu mengembalikan pikiran stress karena pekerjaan atau lainnya agar segar kembali. Selain itu, ruang keluarga terbuka tidak membuat anggota keluarga merasa sumpek dan sesak jika berkumpul karena dengan desain seperti ini, ruangan terasa lega dan sejuk.

Sejuknya ruang keluarga terbuka di belakang rumah dapat diatur seperti teras depan rumah dengan memberi satu set kursi dalam posisi memusat. Atau bisa meletakkan sofa minimalis dengan hamparan karpet. Hiasan dinding bermotif bunga serta penataan pot-pot bunga akan menambah kesan sejuk ruangan ini.

Ruang keluarga terbuka tanpa dinding pembatas bisa sewaktu-waktu burung-burung kecil datang dan hinggap di sela-sela kursi akan menambah keakraban suasana dengan alam lingkungan. Berdampingan dengan alam terbuka akan memberi sensasi yang menyejukkan sekaligus menjadi keakraban penghuninya pada sebuah rumah.

 

Sejuknya Ruang Keluarga Terbuka – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *