Tips Menghilangkan Jamur Di Dinding


Adanya jamur atau lumut di dinding dapat menciptakan kondisi tidak nyaman bagi pemilik rumah. Selain membuat dinding tembok tidak menarik, akar jamur atau lumut dapat merusak tembok. Belum lagi masalah kesehatan dengan bau yang menyengat dan dapat menimbulkan alergi jika spora terhirup.

Lingkungan yang lembab serta tidak ada sirkulasi udara yang baik merupakan salah satu tempat bagi jamur untuk dapat hidup. Dan jika dibiarkan, jamur akan cepat melebar. Untuk itu sebaiknya jika muncul tanda-tanda jamur mulai berkembang, segera bersihkan agar tidak membuat pemandangan tidak sedap.

Tips Menghilangkan Jamur Di Dinding

Tips Menghilangkan Jamur Di Dinding

 

Perlu diketahui jamur atau lumut tidak selalu tumbuh dengan berwarna hijau seperti yang tampak di luar rumah. Pada dinding tembok dalam rumah bisa berwarna abu-abu atau hitam. Untuk mengetahui apakah jamur atau bukan, cobalah basahi dengan cairan karbol. Bila warna abu-abu gelap hilang secara perlahan, itu pertanda jamur. Bila tidak, kemungkinan hanya kotoran yang menempel.

Untuk menghilangkan jamur di dinding, dapat dilakukan dengan cara sederhana:

  • Membuat larutan dari air dan karbol atau deterjen dengan bahan aktif pencerah warna kain. Perbandingan 3:1 antara air dan karbol.
  • Semprotkan larutan yang telah dibuat pada dinding yang berjamur.
  • Diamkan sejenak dan gosok bagian yang berjamur dengan menggunakan sikat agak kaku atau bisa dengan kain berserat agak kasar.
  • Kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan.

Namun terkadang ada jamur atau lumut yang membandel sehingga langkah-langkah di atas tidak berhasil maka gunakan produk-produk yang dirancang khusus untuk menghilangkan jamur dan lumut di dinding. Biasanya produk ini mengandung zat-zat yang lebih keras dan bisa menimbulkan reaksi berbahaya.

Tips: Sebaiknya mengenakan sarung tangan karet dan masker mulut dan hidung. Jangan lupa membuka jendela selebar-lebarnya saat membersihkan jamur.

Mencegah agar jamur dan lumut tidak kembali

  • Ada beberapa produk khusus yang dibuat untuk menghambat pertumbuhan jamur dan lumut di dinding, pertimbangkan untuk menggunakannya.
  • Pertimbangkan menggunakan cat tembok anti air dan jamur yang dapat dicuci dengan mudah.
  • Dehumidifier atau alat pengering udara bisa diterapkan pada ruangan dengan kelembaban tinggi yang sangat rawan terhadap jamur dan lumut.
  • Buat sirkulasi udara yang lebih baik lagi di ruangan yang sering tumbuh jamur atau lumut di dinding dan selalu kering.
  • Jangan ada kebocoran pipa air yang berada di dekat atau ditanam di dalam dinding, termasuk kebocoran atap dari air hujan.

 

Tips Menghilangkan Jamur Di Dinding – Lentera Rumah

 

Related Post

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *