Membersihkan Tempat Tidur Dalam Beberapa Menit


Untuk mendapatkan tidur berkualitas dimulai dari kondisi kasur atau matras tempat tidur. Kasur atau matras yang baik mengikuti lekuk tubuh penggunanya namun tidak terlalu lembut atau keras yang dapat menyebabkan kondisi tubuh menjadi pegal atau sakit saat bangun tidur. Selain Memilih Tempat Tidur Yang Nyaman, perlu diperhatikan juga kebersihan tempat tidur.

tips membersihkan tempat tidur

Tempat tidur yang menggunakan kasur dengan bahan pegas (per), kapuk, busa, air, udara, bulu, rambut dan sebagainya, harus memperhatikan faktor kebersihan terutama bagi yang menderita alergi bahan tertentu. Tidak butuh waktu banyak, untuk membersihkan tempat tidur agar kualitas tidur semakin baik. Berikut tips membersihkan tempat tidur dalam beberapa menit saja yang dapat diterapkan.

Merapikan Kasur atau Matras

Pekerjaan ini cukup membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit saja, yaitu membalik dan memutar kasur. Hal ini untuk mencegah kasur kembung pada satu sisi dan disarankan untuk melakukan setiap 6 bulan sekali.
Gunakan vacuum cleaner atau penghisap debu untuk membersihkan kasur secara maksimal dari debu, kotoran atau kemungkinan ada kutu yang menempel di kasur, terutama di sisi samping. Lakukan sebulan sekali.
Agar kasur tetap segar, gunakan bubuk baking soda yang dicampur dengan essential oil kemudian taburkan ke atas permukaan kasur. Biarkan selama 10 menit, dan bersihkan sisa bubuk dengan penyedot debu. Selain itu, sebaiknya mengganti sprei atau bed cover 1 – 2 minggu sekali.

Membersihkan Bantal

Bantal merupakan salah satu bagian dari tempat tidur yang perlu mendapat perhatian. Cukup waktu 5 menit saja untuk membersihkan bantal dan sebaiknya dilakukan 6 bulan. Jika memungkinkan, cuci bantal tersebut dan jemur di terik matahari.

Agar bantal awet dan tetap bersih gunakan sarung bantal yang dapat diganti dan dicuci. Ciri-ciri bantal harus diganti yaitu dengan mencoba melipat bantal menjadi dua, jika tidak kembali ke bentuk semula sebaiknya ganti dengan bantal yang baru agar tidur Anda dapat nyenyak.

Semoga tips membersihkan tempat tidur di atas dapat menjadi informasi berguna bagi Anda.

 

Tips Membersihkan Tempat Tidur – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *