Mengenal Asuransi Mobil dan Perlindungan TLO

Asuransi Mobil dan Perlindungan TLO

Memiliki asuransi mobil bisa membuat Anda selaku pemilik kendaraan lebih aman dan membuat hati lebih tenang. Sebab, Anda akan mendapatkan ganti rugi berbagai peristiwa yang dialami dari perusahaan asuransi mobil tanpa harus menguras tabungan.


Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi mobil yang umum dimiliki nasabah, yaitu asuransi All Risk mobil dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil All Risk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap semua risiko kendaraan, baik skala kecil atau skala besar.

Sementara itu, asuransi TLO memberikan proteksi jika kendaraan mengalami kerusakan parah lebih dari 75 persen atau kehilangan mobil.

Salah satu jenis asuransi mobil adalah asuransi mobil ACA terbaik dengan manfaat pertanggungan terhadap risiko seperti kerusakan, kehilangan, maupun tanggung jawab kepada pihak ketiga.

Alasan Wajib Punya Asuransi Mobil

Tentu saja setiap perusahaan asuransi mobil memiliki keunggulan tersendiri seperti halnya dengan premi yang diberikan. Untuk itu, Anda perlu memahami betul alasan mengapa penting memiliki asuransi mobil:

1. Keuangan tidak bocor

Perusahaan asuransi mobil mewajibkan nasabahnya membayar premi asuransi setiap bulannya untuk menjadi dana talangan jika terjadi sesuatu yang buruk terhadap kendaraan. Adapun besaran premi yang dikeluarkan disesuaikan dengan keuangan Anda.

Dengan memiliki perlindungan terhadap kendaraan roda empat, maka keuangan Anda tidak akan bocor. Sebab, Anda bisa keluar uang lebih banyak untuk perbaikan mobil atau bahkan kehilangan jika tidak memiliki proteksi satu ini.

2. Berkendara jadi lebih tenang

Mobil mogok di tengah jalan atau bertemu kerumunan pendemo bisa terjadi kapanpun dan di mana saja.

Jika kejadian tersebut dialami, Anda tidak perlu khawatir dan panik karena asuransi mobil telah menanggung segala risiko tersebut.

3. Menanggung kerusakan hingga kehilangan

Seperti dipaparkan sebelumnya, proteksi yang diberikan dalam asuransi mobil lengkap. Selain kerusakan saat tengah berkendara, mobil hilang digondol maling juga akan tetap diganti rugi oleh perusahaan asuransi mobil.

4. Tidak ada yang perlu dikorbankan

Jika tiba-tiba mengalami kerusakan mobil, tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.

Terkadang pengeluaran tak terduga seperti ini membuat Anda harus menguras tabungan, padahal tabungan tersebut untuk hal-hal yang lebih urgent.

Lain halnya jika Anda memiliki asuransi mobil, tentu tidak akan mengganggu rencana masa depan Anda. Uang tabungan akan tetap terjaga, dan perusahaan asuransi akan bertanggung jawab atas semua kerusakan pada kendaraan kesayangan.

Keunggulan Asuransi TLO

Selain asuransi mobil All Risk, ada asuransi TLO yaitu asuransi atau perlindungan Total Loss Only untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Asuransi mobil TLO adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi jika terjadi kerusakan total saja atau biaya perbaikan mobilnya minimal 75 persen dari harga kendaraan tersebut di pasaran saat itu.

Asuransi mobil TLO cocok bagi mobil bekas atau berusia cukup tua, karena biasanya mobil tersebut berpotensi lebih besar untuk rusak total. Saat mengajukan kredit mobil bekas, biasanya juga diberikan asuransi TLO mobil bekas. Biasanya usia mobil yang ditanggung oleh produk asuransi ini maksimal 20 tahun.

Asuransi ini juga cocok untuk kamu yang mencari asuransi mobil dengan biaya premi yang murah.

Asuransi TLO preminya jauh lebih murah dibandingkan dengan asuransi all risk. Sehingga, asuransi ini lebih disarankan buat kamu yang ingin berhemat.

Manfaat Asuransi TLO

Salah satu manfaat membeli asuransi mobil TLO adalah agar mobil mendapat perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan berat. Pasalnya, memiliki mobil diikuti dengan komitmen dan tanggung jawab besar.

Belum lagi, jika mengingat biaya perbaikan mobil yang terbilang mahal. Apalagi jika mobil mengalami masalah darurat atau parahnya hilang karena pencurian. Salah perhitungan sedikit, tabunganmu bisa ikut ludes.

Bukan cuma mahal, ada faktor risiko lain yang bisa membuat biaya perawatan mobil membengkak jika tidak dilindungi asuransi lho.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya memproteksi finansialmu dengan menggunakan asuransi mobil bukan? Asuransi mobil dapat melindungimu dari biaya-biaya tak terduga akibat risiko-risiko tak terduga.

Misalnya komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri.

Dengan memproteksi kendaraan menggunakan asuransi, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran tak terduga. Jadi, finansial kamu akan tetap aman karena perusahaan asuransi menanggung biaya-biaya tersebut.

 

Mengenal Asuransi Mobil dan Perlindungan TLO

Artikel Terkait

Tentang Penulis: Lentera Rumah

Blogger yang suka menulis dan berbagi tentang properti dan lingkungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.