Tips Agar Rumah Bebas Nyamuk Secara Alami


Nyamuk merupakan sebuah serangga kecil. Meskipun kecil namun dapat mengganggu manusia sehingga merupakan musuh manusia. Nyamuk bukan hanya mengganggu di saat tidur atau santai namun ada yang lebih diwaspadai yaitu dapat membawa penyakit berbahaya bagi manusia seperti malaria dan demam berdarah. Banyak usaha telah dilakukan oleh manusia untuk mencegah serangan hewan yang satu ini mulai dari sara tradisional sampai modern.

rumah bebas nyamuk

Meskipun usaha manusia untuk membasmi dan menghindari telah dilakukan semaksimal mungkin, akan tetapi jika habitat perkembangbiakan nyamuk ada di sekitar rumah terus dibiarkan, usaha-usaha tersebut tidak berhasil secara maksimal.

Tips Agar Rumah Bebas Nyamuk

Untuk itu ada beberapa tips agar rumah bebas nyamuk secara alami yang dapat dilakukan, antara lain:

Jangan Biarkan Ada Genangan Air

Seperti kita ketahui bahwa nyamuk berkembang biak dengan menggunakan sarana air. Jika ada genangan di sekitar rumah, maka itu merupakan tempat yang ideal nyamuk berkembang biak.

  • Jangan biarkan genangan air ada di sekitar rumah. Kaleng bekas, ban bekas atau wadah yang memungkinkan terciptanya genangan dari air hujan segera buang jauh-jauh atau ditanam. Cegah agar tidak terjadi genangan air di sekitar rumah.
  • Pastikan juga untuk mengganti tempat minum binatang peliharaan maupun pot bunga yang berisi air di dalam rumah secara rutin minimal seminggu dua kali untuk mencegah jentik nyamuk berkembang biak.
  • Juga periksa untuk bak air kamar mandi, tandon cucian dan lain sebagainya jangan sampai terlihat jentik nyamuk di tempat tersebut.

Gunakan Kasa atau Kawat Nyamuk

Untuk rumah yang berada di kawasan yang memiliki populasi nyamuk tinggi seperti di sekitar rawa-rawa, pantai, sungai, kawasan padat sebaiknya memasang kawat kasa atau lawat nyamuk pada lubang ventilasi, jendela maupun pintu untuk meminimalkan nyamuk yang ada di luar agar tidak masuk ke dalam rumah.

Saat ini banyak kawat nyamuk modern yang dapat dipasang secara praktis dan memiliki bentuk yang beraneka ragam sehingga dapat digunakan sebagai dekorasi rumah.

Rawat Tanaman di Halaman

Nyamuk senang hinggap di rerimbunan pohon maupun semak-semak. Jika Anda memiliki pohon yang sudah rimbun, segera pangkas. Selain untuk mencegah nyamuk bersarang, keindahan halaman tetap terjaga. Cabut rumput ilalang atau semak-semak liar yang tidak berguna.

Menjaga Kerapian

Bilamana nyamuk sudah berada di dalam rumah, serangga ini akan mencari pakaian yang tergantung atau tempat dimana banyak barang-barang berserakan. Untuk itu, jangan biarkan pakaian tergantung di dinding atau di balik pintu, sebaiknya masukkan pakaian ke dalam lemari gantung agar tidak menjadi tempat hinggap nyamuk.

Selain itu sebaiknya simpan di gudang untuk barang-barang yang jarang terpakai atau membuang jika sudah tidak digunakan lagi karena rusak. Keberadaan barang-barang yang berserakan atau tidak tertata rapi dapat mengurangi penampilan dan menyebabkan nyamuk betah di dalam rumah.

Menggunakan Obat Anti Nyamuk 

Jika terpaksa menggunakan obat anti nyamuk, gunakan sebaik-baiknya sesuai ketentuan produsen dan cari yang paling cocok untuk keluarga. Namun lebih baik lagi jika menggunakan bahan alami dari tumbuhan yang tidak disukai nyamuk seperti serai, lavender dan sebagainya.

 

Tips Rumah Bebas Nyamuk – Lentera Rumah

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *